Home / Lingga / BPBD Lingga Latihan di Puslatpur Marinir Todak

BPBD Lingga Latihan di Puslatpur Marinir Todak

Para peserta sedang mengikuti pelatihan penanggulangan bencana

Suara birokrasi.com,Lingga-Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam penanggulangan bencana alam,Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab lingga berlatih di Pusat Latihan Tempur (puslatpur) di Todak, Desa persiapan kebun nyiur, Kecamatan Singkep.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan kedisiplinan cepat tanggap darurat terhadap bencana yang terjadi khususnya di kabupaten Lingga, terang Mayor Mar Adid Kurniawan Wicaksono, M.Tr.Opsla kepada suarabirokrasi.com, di gedung menara tinjau Rabu (16/03/2022).

Mayor Mar Adid Kurniawan Wicaksono, M.Tr.Opsla menjelaskan pelaksanaan pelatihan beberapa metode yang dilatih dan diikuti peserta anggota BPBD Lingga.

Para melaksanakan pelatihan cara pelaksanaan penanggulangan bencana alam secara teori yang di mentori oleh pelatih MARINIR dan SAR Lingga.

Selanjutnya peserta melakukan latihan praktek berupa MONTENERING yang di mentori oleh pelatih marinir dan SAR Lingga.

Peserta juga diajarkan metode persiapan kaji cepat dalam melakukan penanggulangan bencana alam

Menurut Mayor Mar Adid Kurniawan Wicaksono, M.Tr.Opsla, pihak Marinir akan selalu siap untuk membantu Pemkab Lingga dalam menciptakan karakter anggota BPBD Lingga yang tangguh dan tanggap bencana.

“Kami siap mendukung Pemkab Lingga dalam menciptakan karakter anggota atau personel BPBD yang tangguh, berani, disiplin disaat melakukan tugas mereka,”jelasnya.

Pada saat pelatihan, di gedung menara tinjau terlihat Kepala Pelaksana BPBD Lingga, OKTANIUS WIRSAL sedang memantau proses pelatihan para personel.

Kepada media ini Oktanius Wirsal menjelaskan tim peserta atau personel yang ikut berlatih dari berbagai instansi, diantaranya dari tim Satpol-PP, tim Damkar, tim Dinas Kesehatan dan tim SAR

“Ada juga yang dari luar lingga yang bergabung dalam kegiatan ini diantaranya dari Anambas,”terang Oktanius.

Dengan dilaksanakan pelatihan ini, Oktanius sebagai kepala pelaksana BPBD berharap para peserta yang mengikuti kegiatan ini menjadi tim penanggulangan bencana yang tangguh, disiplin dan bertanggung jawab.

“Saya berharap pengetahuan setiap personel meningkat dan memahami tugas masing-masing serta memiliki rasa betanggung jawab, sehingga pelayanan nantinya diberikan kepada masyarakat bisa maksimal terlaksana dengan baik Sesuai harapan,” tutup Oktanius kepada Media ini.

Penulis : Tri
Foto : Tri
Editor : Edy