Home / Anambas / Kades Genting Pulur Kunjungan ke BBI DKP Kepri

Kades Genting Pulur Kunjungan ke BBI DKP Kepri

Kades Genting Pulur, Bambang Asmara (kanan) usai meninjau tempat budidaya ikan

Anambas,- Kunjungan Kepala Desa Genting Pulur, Bambang Asmara ke kantor Balai Benih Ikan (BBI) Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Riau, di Desa Pengujan, diterima langsung oleh Kepala Balai, M Taufik diruang kerjanya, sabtu (06/03/2021).

Dalam kunjungannya, Bambang berharap agar pihak kantor BBI dapat memberikan pelatihan budidaya ikan agar budidaya perikanan di desa Genting Pulur semakin meningkat.

“Kami berharap pihak balai dapat turun ke desa kami untuk memberikan pelatihan budidaya ikan kepada masyarakat,” ungkap Bambang kepada kepala Balai.

Menurut Bambang, dirinya yang saat ini menjabat sebagai kepala desa, menginginkan agar masyarakat desa Genting Pulur memiliki kemampuan untuk mengelola kekayaan alam di desanya untuk kesejahteraan masyarakat.

Kades Genting Pulur Bambang sedang berdiskusi bersama Kepala Balai Benih ikan M Taufik didampingi stafnya

“Potensi Sumber Daya Alam(SDA) di sana (Genting Pulur-red) sangat banyak, namun perlu didukung dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlatih,” kata Bambang.

Bambang juga meninjau sejumlah point penting yang menjadi bidang pelayanan BBI Pengujan, yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan budidaya ikan di Genting Pulur, salah satunya harga benih ikan kerapu dan kakap.

Pada kesempatan itu. Kepala Balai M Taufik menyambut baik upaya terobosan yang dilakukan oleh Kepala Desa Genting Pulur untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia dab ekonomi masyarakat desa Genting Pulur.

Taufik mengakui salah satu fungsi balai benih, yakni memberikan pelatihan kepada nelayan budidaya. Namun, untuk BBI tidak dapat melakukan pelatihan hingga ke lokasi masyarakat. Oleh untuk itu, dirinya menyarankan agar pihak desa dapat mengirimkan warga untuk mengikuti pelatihan di BBI Pengujan

“BBI ini juga sebagai tempat pelatihan, dan kalau memang ada warga bapak yang serius, silahkan kirim kesini untuk mengikuti pelatihan dan tidak dikenakan biaya,” ungkap Taufik.

Lanjut Taufik menjelaskan bahwa saat ini ada beberapa orang yang mengikuti pelatihan, baik dari SMK dan masyarakat. Setiap peserta diberikan pelatihan untuk pembudidayaan ikan. Sedangkan untuk benih ikan, saat ini Balai Benih hanya menyediakan benih ikan Kakap yang bersertifikasi.

Usai melakukan konsultasi, Kades Genting Pulur, Bambang Asmara berkesempatan melakukan peninjauan lokasi budiddaya ikan, mulai dari proses peneluran ikan, pendederan dan pembesaran yang berada di lokasi BBI. Selanjutnya Bambang juga meninjau lokasi budidaya ikan yang dilakukan oleh warga sekitar.(red)

Tinggalkan Balasan