Home / Anambas / Pemantapan Manasik Haji Kabupaten Kepulauan Anambas

Pemantapan Manasik Haji Kabupaten Kepulauan Anambas

Suarabirokrasi.com, Anambas -Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris Bupati bersama Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zulhendra menghadiri kegiatan Manasik Haji di hotel Tarempa beach jalan imam bonjol Tarempa kabupaten Kepulauan Anambas. Kamis.(9/5/2024)

Diawali pembacaan ayat suci Al Qur’an, selanjutnya Abdul Haris menyampaikan sambutannya. Kepada calon jemaah haji tahun 1445 H/2024 M, Abdul Haris mengingatkan agar jemaah haji mengikuti semua tuntunan rangkaian dan tahapan tahapan harus dilaksanakan dengan baik oleh jemaah haji Kabupaten Kepulauan Anambas.

Abdul Haris juga berpesan kepada panitia di bagian kesra agar mempersiapkan perbekalan keberangkatan calon jemaah haji kabupaten Kepulauan Anambas ini dengan baik.

“Karena jemaah haji yang hari ini akan melaksanakan haji beda dengan jemaah haji tahun lalu berangkat kloter pertama, dan tahun ini kita keloter kedua. Akan diberangkatkan tanggal 10 besok,”kata Abdul Haris.

Sesuai jadwal, jemaah haji akan berangkat melalui bandara matak, sehingga diingatkan oleh bupati agar jemaah haji mengunakan sepatu saat memasuki Bandara Matak. Keberangkatan ini juga turut didampingi oleh tim dari Pemkab Anambas.

Abdul Haris mengingatkan doa doa yang harus diucapkan saat di tanah suci selama kurang lebih 40 hari. Dirinya juga mengingatkan agar tetap fokus saat di Arafah Mina dan Musdahlifa.

“Kadang kadang kita kita terpengaruh oleh orang orang disekitar kita di Madinah kita harus gas pull akhirnya kondisi kesehatan kita kondisinya mulai turun dan sampai tenaga kita diposir lagi. Untuk itu kita harus selalu menjaga kesehatan kita.”kata Abdul Haris.

Abdul Haris juga menyampaikan tentang perbedaan suhu di tanah suci dengan suhu di Anambas. Dirinya juga berharap agar rombongan jemaah haji Anambas mendapat hotel atau tempat tinggal yang dekat dengan Mesjid Nabawi, sehingga kita mudah melaksanakan sholat sholat pardu lima perkara itu.

“Semoga jemaah haji Kabupaten Kepulauan Anambas tahun ini 1445 H/2024 M sampai tiba dengan selamat sampai di tanah suci dan kembali dengan selamat menjadi haji dan haja yang mabrur” harapnya

Terkait keberangkatan jemaah haji ini. Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Kepulauan Anambas, Saipul menerangkan, jemaah haji kabupaten Kepulauan Anambas tahun 1445 H/2024 yang akan berangkat sebanyak 39 orang.

Dari 39 orang calon jemaah haji Kabupaten Kepulauan Anambas,  terdiri dari 19 orang pria dan 20 orang wanita. Jemaah haji termuda berumur 33 tahun dari siantan dan yang paling tua adalah umur 80 tahun berasal dari siantan timur.

“Rencananya keberangkatannya besok pagi dari Tarempa kira kira pulu 6 pagi.berangkat kepelabuhan matak dan harus sampai  jam 7 pelabuhan matak jam 8:30 pagi terbang dengan tujuan Batam”.ujaranya.

Menurut saipul hari ini acara pemantapan jemaah haji karna dua minggu yang lalu mereka para jemaah haji sudah melakukan manasik haji di kemenag. Dan hari ini kita akan menyampaikan hal hal yang kurang saja untuk bekal mereka sampai ke tanah Suci.ungkapnya.(Agus)

Tinggalkan Balasan