Home / Lingga / Diskominfo Lingga Targetkan 5 OPD di Dabo Singkep Terkoneksi Internet

Diskominfo Lingga Targetkan 5 OPD di Dabo Singkep Terkoneksi Internet

Lingga, SB – Pelaksana tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lingga Izjumadillah didampingi Kabid e-Gov & TIK Ady Setiawan serta Plt Kasi Infrastruktur dan Plt Kasubbag Umum & Keuangan melakukan koordinasi teknis ke PT. Telkom di Batam 1/10. 

Kunjungan Diskominfo tersebut disambut langsung oleh GM PT. Telkom wilayah Riau Kepulauan Munawir yang didampingi Account Manager Government Firdaus Riza. Adapun salah satu agenda pembahasan dalam pertemuan tersebut yakni terkait Infrastruktur jaringan data untuk optimalisasi kebutuhan data di wilayah Dabo Singkep.

Sebagaimana diketahui, kebutuhan akses layanan di Dabo seperti Indihome sudah sangat terbatas dan tidak dapat dilakukan penambahan pemasangan baru dikarenakan besaran bandwidth yang didistribusikan melalui Tower Musai (Bukit Bangku) belum optimal.

Menanggapi hal tersebut, GM PT. Telkom telah melakukan kajian teknis terkait pembentangan Fiber Optic bawah laut untuk menghubungkan antara Daik dan Dabo. Namun hal tersebut merupakan pekerjaan besar sehingga membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Dengan demikian, untuk solusi jangka pendek dalam waktu dekat pihak Telkom akan melakukan penanaman jaringan Fiber Optic darat untuk menghubungkan antara terminal Daik dan tower Musai (Bukit Bangku) yg tentunya akan berpengaruh pada optimalisasi pendistribusian data ke wilayah Dabo Singkep.

Hal tersebut agar 5 OPD yang berada didabo segera mendapatkan akses internet dedicated seperti yang ada di Daik guna menghubungkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) didalam suatu infrastruktur internet untuk mempermudah transaksi data dan pemanfaatan aplikasi yang aman dan handal sesuai Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. (*HL)

Tinggalkan Balasan