Home / Lingga / Resmikan Puskesmas Rejai, Bukti Awe-Nizar Dorong Peningkatan Kesehatan

Resmikan Puskesmas Rejai, Bukti Awe-Nizar Dorong Peningkatan Kesehatan

Lingga, SB – Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar meresmikan Puskesmas Rejai di Kecamatan Bakung Serumpun, Kabupaten Lingga, Jumat 25/9.

Dalam sambutannya, Muhammad Nizar mendorong peningkatan sektor kesehatan yang meliputi fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan di Kabupaten Lingga menjadi lebih baik dan menciptakan Sumberdaya Manusia (SDM) yang berkompeten dibidangnya dalam memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat di Kabupaten Lingga. 

“Alhamdulillah, hari ini kita meresmikan puskesmas yang menjadi harapan kita bersama, tentunya harapan kita dengan adanya puskesmas ini dapat memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal pada masyarakat khususnya masyarakat setempat,” kata Nizar.

Ia menambahkan, pada tahun 2021 mendatang, Ia akan menganggarkan dua unit kendaraan roda tiga sebagai ambulance Puskesmas Rejai yang bersumber dari APBD kabupaten Lingga.

“Untuk menunjang operasional pelayanan kesehatan di Puskesmas Rejai ini, tahun depan akan kita anggarkan dua unit kendaraan roda tiga sebagai ambulance melalui APBD tahun 2021,” ungkapnya.

Menurutnya, Pemerintah kabupaten Lingga sangat serius dan telah melakukan sejumlah upaya terkait pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

“Komitmen saya, di tahun 2021 pada pembahasan APBD, saya masih dapat berkomunikasi dan akan saya perjuangkan untuk penganggaran ambulan di Puskesmas ini,” jelasnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan, perlahan namun pasti di gugusan pulau Senayang ini telah banyak hal yang dilakukan oleh pemerintah daerah bersama DPRD Kabupaten Lingga, tentunya perubahan dan kemajuan tersebut berkat dorongan keinginan masyarakat dan bentuk kepedulian pemerintah daerah dalam membangun Kabupaten Lingga menjadi lebih baik kedepannya.

“Kita wajib bersyukur kepada Allah SWT sudah terlalu banyak nikmat dan rahmat yang telah dilimpahkanNya kepada kita di gugusan pulau Senayang ini, mulai dari pemekaran kecamatan, pemekaran desa persiapan, penerangan listrik yang semula hanya 14 jam menjadi 24 jam terang benderang, air bersih yang saat ini sudah mengalir sampai kerumah dan saat ini telah hadir puskesmas disini untuk memberikan pelayanan maksimal untuk masyarakat di gugusan Pulau Senayang ini,” kata Nizar.

Ia berharap, kedepannya sektor kesehatan di Kabupaten Lingga dapat tumbuh lebih baik dalam memberikan pelayanan yang meliputi fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan.

“Pemerintah Daerah telah mempersiapkan peningkatan fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal untuk masyarakat di Kabupaten Lingga. Kami sudah berkomitmen kedepan salah satu RSUD yang ada di Kabupaten Lingga ini akan kita tingkatkan dari tipe D menjadi tipe C. Karena RSUD Dabo Singkep sudah selayaknya kita jadikan untuk rumah sakit rujukan di Kabupaten Lingga,” paparnya.

Lebih lanjut Nizar mengatakan, Ia berkeinginan untuk memajukan kabupaten Lingga disegala sector.

“Saya berharap, agar kita dapat bersama-sama memberikan dorongan dan berkeinginan untuk memajukan Kabupaten Lingga menjadi lebih baik dimasa yang akan datang dari berbagai sector,” pungkasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Mulkan mengatakan bahwa tenaga medis untuk Puskesmas Rejai telah dipersiapkan.

“Tentunya Dinas Kesehatan akan memberikan dukungan terhadap kebutuhan Puskesmas Rejai, mudah-mudahan Puskesmas ini dapat bergerak memberikan manfaat untuk masyarakat. Insya Allah di bulan Oktober kita akan mendatangkan dokter umum kontrak untuk di Puskesmas Rejai ini,” jelasnya.

Ia menambahkan, bahwa secara bertahap segala kebutuhan Puskesmas Rejai akan dilengkapi sesuai dengan kemampuan anggaran.

“Dinas Kesehatan juga akan secepatnya memperjuangkan agar Puskesmas Rejai segera di register, kemudian melengkapi kebutuhan Puskesmas sesuai kemampuan anggaran,” tutupnya. (*HL)

Tinggalkan Balasan