Home / Anambas / Warga Anambas Heboh Dua Kapal Asing Melintasi Perairan TAREMPA, Bagaimana Pengawasan di Laut?

Warga Anambas Heboh Dua Kapal Asing Melintasi Perairan TAREMPA, Bagaimana Pengawasan di Laut?

Suarabirokrasi.com.Anambas- Baru baru ini masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas dihebohkan dengan adanya dua unit kapal asing berbendera negara Malaysia yang melintas di depan perairan kota Tarempa, Kecamatan Siantan pada Selasa, (22/11/2023) pukul 16.20 WIB.

Informasi tersebut cepat beredar di grup-grup WhatsApp nelayan dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas.

Peristiwa keberadaan kapal asing yang diduga kapal asal negara Malaysia it, dibenarkan oleh Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Kepulauan Anambas, Dedi Syahputra.

“Kita diinformasikan oleh masyarakat, langsung kita teruskan ke instansi terkait saat itu juga, dengan harapan bisa diamankan segera,” kata Dedi kepada awak media ini.Rabu (22/11/23).

Dedi menyebutkan bahwa ada dua kapal berbendera malaysia dengan santai melintas didepan perairan Tarempa yang hanya jaraknya 1 atau 2 Mil.

“Dua kapal tersebut melintas dari timur ke barat dengan santainya,” ucapnnya.

Menurut Dedi, keberadaan dua kapal asing yang melintas di depan perairan Tarempa bukan hanya sekedar dikaitkan dengan pelanggaran, tetapi juga menyentuh batas kedaulatan wilayah laut Indonesia, yang secara tidak langsung juga berkaitan dengan harga diri suatu bangsa.

“Ini sudah benar-benar kelewatan, kalau kejadian tersebut di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia masih lah dimaklumi, kejadian ini jelas sudah berada di dalam rumah kita,” ujarnya.

(Agus)

Tinggalkan Balasan