Home / Tanjungpinang / Poltekkes Tanjungpinang Buka Penerimaan Mahasiswa Jalur Mandiri

Poltekkes Tanjungpinang Buka Penerimaan Mahasiswa Jalur Mandiri

Direktur Poltekkes Tanjungpinang Iwan Iskandar (kanan) didampingi Kasubag Adum, Hendri

Suarabirokrasi.com,- Tanjungpinang,- Politeknik Kesehatan Kemenkes (Poltekkes) Tanjungpinang membuka penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2023/2024 melalui Jalur Mandiri.

Proses penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri ini dilaksanakan untuk memenuhi kuota penerimaan mahasiswa baru yang masih belum terpenuhi setelah dibukanya penerimaan mahasiswa melalui Jalur umum.

Direktur Poltekkes Tanjungpinang, Iwan Iskandar mengatakan, kuota penerimaan mahasiswa baru di tempatnya lebih banyak dibandingkan tahun 2022. Peningkatan ini terjadi karena bertambahnya jumlah dosen dengan perbandingan 1:30.

“Dengan jumlah dosen sebanyak 45 orang terjadi peningkatan kuota 450 orang mahasiswa baru yang kita siapkan untuk tiga program studi,” ucap Iwan di ruang kerjanya, kamis (22/06/2023).

Lebih lanjut Direktur Poltekkes Tanjungpinang ini menjelaskan. Sebelum penerimaan mahasiswa melalui Jalur mandiri dibuka, pihaknya telah membuka penerimaan mahasiswa baru melalui Jalur umum, Jalur prestasi berlangsung melalui online, terdiri dari jalur Gakin (kurang mampu).

“Untuk Gakin, alokasinya bisa sampai 20 persen,”terangnya.

Peserta yang mendaftar telah melewati wajib mengikuti uji kesehatan dan Computer Base Test (CBT). Dari banyaknya peserta yang mengikuti tes, tetapi jumlah peserta yang lulus masih belum memenuhi kuota penerimaan mahasiswa baru di Poltekkes Tanjungpinang.

Jadwal penerimaan mahasiswa jalur mandiri

“Sebanyak 800 orang telah melakukan pendaftaran, tetapi setelah dilakukan tes, jumlah peserta yang lulus untuk menjadi mahasiswa di Poltekkes ini masih belum memenuhi kuota yang ada,”terang Iwan Iskandar didampingi Kasubag Administrasi Umum, Hendri.

Sambungnya. Penerimaan mahasiswa melalui Jalur Mandiri dibuka sejak 22 mei 2023 sampai dengan 21 juni 2023. Selanjutnya setiap peserta harus mengikuti ujian CBT.

“Hari ini kita melakukan Computer Base Tes kepada calon mahasiswa yang mendaftar,”terangnya.

Poltekkes Tanjungpinang saat ini masih memiliki 3 Program Study (Prodi), yaitu Prodi Keperawatan, Prodi Kebidanan dan Prodi Sanitasi. Dan Prodi Keperawatan di Poltekkes Tanjungpinang telah mendapat akreditasi A.

Poltekkes Tanjungpinang Menuju Skala Internasional

Iwan Iskandar optimis dengan perkembangan Poltekkes Tanjungpinang untuk masa mendatang, karena rencana pengembangan Poltekkes Tanjungpinang terus dilakukan untuk menuju berskala international.

“Saat ini kita sedang membangun laboratorium terpadu 5 lantai, di mana, nantinya akan ada mini hospital, laboratorium dan kampus mahasiswa,”terangnya.

Laboratorium terpadu dengan fasilitas mini hospital ini, sangat bermanfaat bagi mahasiswa Poltekkes sehingga siap untuk bekerja dan Poltekkes mentargetkan untuk penempatan ke luar negeri.

“Kita pernah mendapat permintaan 30 orang untuk penempatan di rumah sakit di Jepang, tapi kita hanya dapat memenuhinya hanya beberapa saja,”terangnya.

Meski demikian, Direktur Poltekkes Tanjungpinang Iwan Iskandar optimis ke depannya Poltekkes Tanjungpinang akan berskala international dengan dukungan seluruh pihak, termasuk dukungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang memberikan lahan seluas tiga hektar untuk penambahan kampus yang baru.

“Lahannya di Dompak dan kita sedang membuat DEDnya,”kata Iwan Iskandar sambil menunjukkan gambar maket kampus yang akan dibangun dengan konsep hijau (go green).

Advertorial
Penulis : Edy Manto

Tinggalkan Balasan