Home / Nasional / 105 Peserta Asal Kepri Hadiri Pekan Nasional Petani dan Nelayan ke XVI di Padang

105 Peserta Asal Kepri Hadiri Pekan Nasional Petani dan Nelayan ke XVI di Padang

Suarabirokras.com,- Pelaksanaan Pekan Nasional (Penas) Petani dan Nelayan Nasional (Penas) ke XVI 2023 berlangsung di Kota Padang, Sumatra Barat, sejak 10-15 Juni 2023.

Kegiatan itu dibuka oleh Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo dan dihadiri perwakilan petani dan nelayan yang berasal dari seluruh Provinsi di Indonesia.

Termasuk Provinsi Kepulauan Riau, melalui mengirimkan sebanyak 105 orang peserta untuk menghadiri kegiatan ini. Peserta merupakan perwakilan dari kelompok tani dan nelayan, dan penyuluh, pendamping dan peninjau.

Foto bersama Peserta Asal Kepri

Pendamping Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Riau Eni Yuli Astuti menjelaskan, maksud kegiatan di antaranya membangkitkan semangat dan tanggung jawab para petani dan nelayan dalam pembangunan sektor pertanian, perikanan.

“Untuk meningkatkan kemandirian petani nelayan dan petani hutan dalam meningkatkan pembangunan pertanian perikanan dan pertanian kehutanan.”kata Eni Yuli Astuti, Kamis (15/06/2023).

Menurutnya, Penas ke XVI ini sangat penting, karena menjadi wahana nasional bagi para petani nelayan dan petani hutan untuk melakukan konsolidasi.

Kita mengharapkan pengembangan diri, tukar menukar informasi, apresiasi kemitraan dan promosi hasil pertanian, perikanan dan kehutanan yang diselenggarakan secara teratur dan berkelanjutan.”jelas Eni.

Saat pembukaan Pekan Nasional Petani Nelayan ke XVI tahun 2023 di Padang

Lanjutnya menerangkan kondisi stan perwakilan dari Kepri yang sempat ditinjaunya. Sebagai pendamping, dirinya juga memberikan apresiasi, masukan serta motivasi kepada peserta asal Kepri agar peserta dapat tampil baik dan dapat membawa pulang berbagai hal positif yang nantinya dapat bermanfaat, serta menjadi inovasi bagi para peserta di masa yang akan datang.

“Pada akhirnya melalui Penas XVI ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan di daerah,” harap Eni Yuli Astuti.

Penas XVI 2023 dihadiri petani dan nelayan se Nusantara, termasuk Gubernur, Bupati dan Wali Kota dengan total 40.000 an peserta.
Penas tersebut merupakan forum pertemuan yang telah berlangsung sejak 1971 dan menjadi bagian yang strategis dalam upaya membangun kesepahaman diantara berbagai pemangku kepentingan sektor pertanian maupun perikanan.(Edy)

Tinggalkan Balasan