Home / Anambas / Kelompok Tani di Desa Genting Pulur Terima Bibit Pala Dari DKPPP Kepri

Kelompok Tani di Desa Genting Pulur Terima Bibit Pala Dari DKPPP Kepri

Suarabirokrasi.com-ANAMBAS,-Kelompok Tani Tunas Baru, desa Genting Pulur Kabupaten Kepulauan Anambas menerima bantuan bibit sebanyak 1.680 batang Pohon Pala dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perkebunan (DKPPP) Propinsi Kepulauan Riau, Senin (13/06/2022).

Penyerahan bibit diserahkan oleh Ahmad Fauzan, SP dari Dinas Pertanian dan Kehutanan Propinsi Kepri, selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) didampingi staf, Rasyid, dan diterima oleh Ketua Kelompok Tani Tunas Baru, Rosyadi A Rahmat di tempat penyimpanan sementara bibit pohon, di samping Gedung Sekolah PAUD Kartini Desa Genting Pulur.

Turut hadir perwakilan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Virgo dan Plt. Kepala Balai Benih Pertanian Terpadu Kecamatan Jemaja Timur, Iswandi, serta Kepala Desa Genting Pulur, Bambang Asmara.

Pada kesempatan itu, Fauzan berpesan agar bibit yang diserahkan selanjutnya dibagikan ke setiap anggota kelompok tani, sesuai kebutuhan masing-masing anggota.

“Nah, sekarang bibit ini sudah sampai dan diterima oleh kelompok, bagilah bibit ini secara adil kepada anggota kelompok”,pesan Fauzan kepada Ketua Kelompok.

Selanjutnya Fauzan menjelaskan kualitas bibit pala yang diserahkan serta menerangkan upaya perawatan tanaman tersebut agar dapat menuai hasil yang baik nantinya.

“Kita lihat kondisi saat ini bibit yang ada pada bagus semua, namun karna bibit ini menyebrangi laut, tentu ada yang terkena air laut, jadi sebelum bibit ini ditanam hendaknya dilakukan penyiraman setiap harinya, supaya percikan air laut tidak lagi menempel di daun bibit pala,”Pesan Fauzan.

Atas adanya bantuan Pemerintah Provinsi Kepri ini, Kepala Desa Genting Pulur Bambang Asmara mengucapkan terimakasih atas realisasi bantuan yang diberikan sesuai usulan yang disampaikan kelompok tani di desanya beberapa waktu lalu.

“Saya sangat berterimakasih sekali kepada Dinas Pertanian Propinsi Kepri serta Dinas Pertanian KKA yang telah memperhatikan dan membantu warga saya dalam hal kebutuhan bibit tanaman pala,”ucap Bambang.

Bibit Pala ditempatkan di tempat penyimpanan Bibit kelompok tani tunas baru

Lebih lanjut. Bambang menjelaskan bahwa, pembagian bibit ini merupakan langkah awal bagi bagi petani lokal untuk berusaha. Diharapkan, para petani yang mendapatkan bantuan, secara serius mengelola bantuan yang diberikan.

“Saya berharap agar anggota kelompok memanfaatkan bantuan dengan sebaik mungkin, karena harga bibit pala ini tergolong lumayan tinggi, oleh itu sebaiknya dibudidayakan semaksimal mungkin untuk meningkatkan ekonomi di saat sulit,”pesan Bambang.

Pembagian bibit direncanakan akan dilakukan pada beberapa hari mendatang, kepada tujuh orang kelompok, dan akan dibagikan oleh ketua kelompok secara merata.

“Dari 1.680 batang bibit pohon pala yang ada, maka nantinya anggota kelompok masing-masing akan mendapatkan sekitar 240 batang per orang nya,”jelas Bambang.

Penulis & Sumber : Redaksi

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin