Home / Tanjungpinang / Adi Prihantara Himbau Tidak Khawatir Kasus PMK Ternak, Pemprov Koordinasikan Satgas

Adi Prihantara Himbau Tidak Khawatir Kasus PMK Ternak, Pemprov Koordinasikan Satgas

Sekdaprov Kepri Adi Prihantara sedang memimpin Rapat Satgas Penanaman PMK Ternak, Rabu (25/05).

Suarabirokrasi – Kepri,- Maraknya kasus Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia, turut menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau untuk melakukan upaya antisipasi kasus tersebut di Kepri.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri Adi Prihantara di Ruangan Rapat Sekda Lantai 3, Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Rabu (25/5), mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) penyusunan Rencana Kerja ( Renja) Satuan Tugas (Satgas) untuk mengantisipasi terjadinya kasus penyebaran hewan ternak di Kepri.

Rakor ini juga dilakukan sebagai tindak lanjut perintah Kementerian Pertanian dan Instruksi Presiden RI Joko Widodo terkait dengan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menjadi pandemi bagi ternak berkuku belah.

Sekda berharap kasus ini dapat diantisipasi di Kepri, terlebih menjelang Hari Raya Idul Adha yang membutuhkan hewan ternak sebagai kurban.

“Kita harus memikirkan dan memberikan langkah yang terbaik, karena saat yang bersamaan daerah kita memerlukan hewan qurban untuk persiapan Idul Adha 1443 H yang akan datang,” tutur Adi Prihantara.

Dalam rakor. Adi Prihantara mengatakan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau Satgas pencegahan dan pengendalian penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak harus segera terbentuk untuk penyederhanaan birokrasi lintas organisasi perangkat daerah dalam penanganan PMK di Kepri.

Sekdaprov Adi juga mengimbau agar masyarakat tidak khawatir dalam menyikapi kasus PMK pada hewan ternak di daerah itu, karena tidak menular.

“Penyakit mulut dan kuku dari sapi ini tidak menular. Dagingnya masih aman dikonsumsi apabila dipisahkan dari organ tubuh yang terkena PMK, apabila diproses dengan baik sesuai standar operasional prosedur,” imbuh Adi Prihantara.

Selanjutnya, Adi Prihantara menegaskan kepada seluruh jajaran agar siap siaga mengawasi jalur distribusi hewan ternak di masing-masing kabupaten/kota menjelang Idul Adha 1443 H, dan mengantisipasi merebaknya PMK di Kepri.

“Tugas Satgas ini adalah untuk mengawasi jalur lalu lintas hewan ternak yang masuk ke wilayah Kepri, tetapi juga membantu pemenuhan kebutuhan masyarakat saat Idul Adha 1443 H,”tutupnya.

Sumber & Fhoto : kominfokepri
Editor : Edy M

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin