Home / Tanjungpinang / Langkah Pemprov Awasi Pendistribusian Hewan Jelang Idul Adha

Langkah Pemprov Awasi Pendistribusian Hewan Jelang Idul Adha

Sekdaprov Kepri Adi Prihantara sedang memimpin Rapat Satgas Penanaman PMK Ternak, Rabu (25/05).

Suarabirokrasi – Kepri,- Besarnya kebutuhan masyarakat akan hewan ternak untuk hewan kurban menjelang hari besar Idul Adha 1443 Hijriah tahun 2022 ini, menjadi perhatian serius oleh pemerintah disebabkan maraknya kasus penyakit mulut dan kuku hewan yang merebak di beberapa daerah di Indonesia.

Menindak lanjuti Instruksi Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dan perintah Kementerian Pertanian, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau membuat langkah strategis membentuk Satgas penanganan PMK dan menyusun Rencana Kerja (Renja) Satgas.

“Kita harus memikirkan dan memberikan langkah yang terbaik, karena saat yang bersamaan daerah kita memerlukan hewan qurban untuk persiapan Idul Adha 1443 H yang akan datang,” tutur Adi Prihantara di ruang rapat Sekda Lantai 3, Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Rabu (25/5).

Adi Prihantara berharap, Satgas penanganan PMK dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat, sehingga tidak khawatir dalam menyikapi kasus PMK pada hewan ternak, yang menurutnya tidak bersifat menular.

“Penyakit mulut dan kuku dari sapi ini tidak menular. Dagingnya masih aman dikonsumsi apabila dipisahkan dari organ tubuh yang terkena PMK, dan apabila diproses sesuai standar operasional prosedur,”imbuh Adi Prihantara.

Untuk mencegah memastikan masuknya hewan ternak ke wilayah Kepri terbebas dari penyakit, Adi Prihantara juga mengingatkan seluruh tim agar siap siaga melakukan pengawasan di jalur-jalur pendistribusian hewan ternak di setiap kabupaten dan kota menjelang Idul Adha 1443 H.

“Tugas Satgas ini adalah untuk mengawasi jalur lalu lintas hewan ternak yang masuk ke wilayah Kepri, dan juga membantu pemenuhan kebutuhan masyarakat saat Idul Adha 1443 H,”tutupnya.

sumber & Fhoto : kominfo
Editor : Edy M

Sumber & Fhoto : kominfokepri
Editor : Edy M