Home / Lingga / Bayar Tagihan Air Di Lingga Bisa Melalui Android

Bayar Tagihan Air Di Lingga Bisa Melalui Android

Lingga, SB – Pada peringatan ulang tahun ke 11 Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Lingga melakukan trobosan dengan meluncurkan aplikasi PDAM Info dan SEPULSA berbasis Android. Nantinya pelanggan  di beri kemudahan untuk dapat melakukan pembayaran dan cek tagihan melalui Smartphone saja mulai Jumat (01/10).

“Peringati 11 tahun HUT Perumdam Tirta Lingga, kita soft launching aplikasi PDAM Info yang berfungsi untuk pengaduan, daftar, pembayaran dan segala hal yang berkaitan dengan PDAM dengan sistem online,” kata Irfan Andaria Direktur Perumdam Tirta Lingga, Irfan Andaria, di Kantornya.

Pada tahun ini Perumdam Tirta Lingga telah melakukan inovasi dalam hal pelayanan ke pelanggan. Selain PDAM Info diluncurkan juga website tirtalingga.co.id, semua informasi seputar Perumdam Tirta Lingga tersedia disana, disamping itu Perumdam Tirta Lingga mempunyai akun FB dan Instagram.

“Dan yang utama aplikasi PDAM info yang dapat didownload di google play store. Ini merupakan terobosan dalam hal pembayaran online, sehingga pelanggan dapat membayar kapan saja dan dimana saja. Hal ini untuk mengurangi kerumunan dalam rangka pencegahan Covid 19. PDAM info hadir untuk menjawab keluhan pelanggan selama ini. Dalam aplikasi PDAM info pelanggan dapat melihat info-info terbaru kegiatan di Perumdam Tirta Lingga. Selain itu pelanggan juga dapat melihat riwayat pemakaian selama beberapa bulan terakhir. Kedepannya nanti direncanakan sistem pengaduan dan permohonan pemasangan baru akan hadir di PDAM info,” jelas Irfan.

Selain aplikasi PDAM Info, Perumdam Tirta Lingga juga menyediakan platform aplikasi SEPULSA yang dapat didownload di google play. Aplikasi multi fungsi ini bisa digunakan untuk pembayaran PDAM, pembayaran listrik, isi pulsa, isi paket data dan lain sebagainya.

“Jadi nanti Pembayaran tagihan air Perumdam Tirta Lingga dapat juga dilakukan di aplikasi SEPULSA tersebut,” jelasnya.

Tak hanya berbagai kemudahan tersebut, mulai saat ini  Perumdam Tirta Lingga melakukan pengecekan meter air pelanggan dengan mengunakan Handphone android, hasilnya di akui pada  tingkat pembacaan menjadi lebih akurat.

“Kemudahan seperti yang saya jelaskan tadi seperti catat meter menggunakan sistem android yang akurasinya lebih tinggi, karena ini sempat menjadi permasalahan bahwa terjadi kekeliruan mencatat meter secara manual,” kata Irfan.

Direktur Perumdam Tirta Lingga ini menargetkan, dalam waktu 3 bulan kedepan sebanyak 30 persen pelanggan Perumdam Tirta Lingga telah menggunakan aplikasi PDAM Info tersebut.

“Harapan kami 3 bulan kedepan target 30 persen pelanggan telah menggunakan aplikasi ini,” katanya.

Meski pembayaran tagihan air nantinya dapat dilakukan pelanggan melalui aplikasi secara online, untuk pembayaran non tunai juga dapat dilakukan pelanggan melalui loket-loket pembayaran yang tersedia. Hal ini dikarenakan tidak semua pelanggan mengerti melakukan pembayaran melalui sistem aplikasi online.

Selain hal tadi, Irfan Andaria dan jajaranya juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Lingga yang senantiasa memberikan dukungan dan dorongan pada Perumdam Tirta Lingga untuk lebih baik dan maju kedepan, dalam memberikan pelayanan pada masyarakat Kabupaten Lingga. (Kkp*)

Tinggalkan Balasan