Home / Tanjungpinang / Dinkes Kepri Ingatkan Masyarakat Bahaya Covid-19 di Tempat Umum
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau Moh. Bisri SKM M kes

Dinkes Kepri Ingatkan Masyarakat Bahaya Covid-19 di Tempat Umum

Tanjungpinang, SB – Penyakit menular asal Wuhan China atau yang biasa dikenal dengan sebutan Virus Corona atau Covid-19 kini telah tersebar diberbagai Negara di dunia termasuk Indonesia.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau Moh. Bisri SKM M kes

Guna meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam penangulangan penyakit tersebut, Pemerintah perlu membangun kepercayaan public terhadap kesiapsiagaan dan respon Pemerintah Daerah. Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan riau melakukan Komunikasi, Informasi dan Edukasi Pencegahan dan Pengendalian covid-19 di tempat umum seperti di Pelabuhan, Bandara, Pasar Tradisional, Swalayan, serta jalan yang ada di Kota Batam, Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, Kabupaten Lingga dan Kabupaten Karimun.

Adapun tujuan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau dibawah Kepemimpinan Mohammad Bisri SKM M Kes salah satunya untuk memberikan informasi kepada masyarakat dengan baik untuk selalu mengikuti anjuran pemerintah daerah, serta selalu terhindar dari penyebaran infomasi yang salah/Hoaks.

Dalam pelaksanaan Kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi Pencegahan dan Pengendalian covid-19 tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau selalu berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota, Puskesmas, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Tanjungpinang, Angkasa Pura, dan Polres Tanjungpinang maupun pihak terkait lainnya.

Dalam kegiatan ini dilakukan penyuluhan secara langsung kepada masyarakat, penempelan media, pembagian brosur informasi serta membagikan masker kepada masyarakat yang belum menggunakan masker.

“Saya harap Masyarakat selalu diingatkan cara memakai dan melepas masker yang benar dan aman penting dalam memutus mata rantai penularan COVID-19 agar tidak menimbulkan sumber penularan,” kata Bisri.

Ia menjelaskan, Masyarakat memiliki peran penting dalam memutus mata rantai penularan COVID-19 agar tidak menimbulkan sumber penularan baru. “Masyarakat harus dapat beradaptasi pada kebiasaan baru yang lebih sehat, lebih bersih, dan lebih taat, yang dilaksanakan dan selalu mengutamakan 3 (tiga) pesan kunci pencegahan COVID-19 yang dikenal dengan 3M,” tambahnya.

Lebih lanjut Bisri mengatakan, bahwa Masyarakat dan Pemerintah harus bersatu guna menekan penyebaran penularan Covid-19.

“Masyarakat sebagai ujung tombak bahwa norma sosial dan kewaspadaan individu meningkat serta saling mengawasi dan memotivasi dalam mematuhi kebijakan pemakaian masker, jaga jarak dan tidak berkerumunan. Namun harapan itu tidak semudah membalikkan telapak tangan karena diperlukan pencegahan dengan merapatkan barisan untuk bersatu lawan Covid-19,” pungkasnya. (*DK)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Badan Anggaran DPRD Kepri Bahas Anggaran Penanganan COVID-19

Kepulauan Riau,- Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), …