Home / Batam / Kepri Kembali Terima Bantuan Temasek Foundation

Kepri Kembali Terima Bantuan Temasek Foundation

Bantuan diterima di Pelabuhan Batu Ampar, Batam

Kepri,- Pjs. Gubernur Kepri Bahtiar Baharuddin berterima masih atas bantuan Temasek Foundation, Singapura. Bantuan berupa peralatan medis untuk Indonesia. Diantaranya, Oxygen Concentrators, Ventilators, X-Ray Machine, Surgical Gowns, gloves, surgical caps, bunny suits, PCR test, extraction preps dan lainnya. Diperkirakan nilai bantuan mencapai sekitar Rp120 miliar.

“Atas nama masyarakat dan pemerintah Kepri, kami berterima kasih kepada Temasek,” kata Bahtiar di Pelabuhan Batu Ampar, Batam, Rabu (18/11).

Bantuan peralatan medis dari Temasek Foundation, diterima di Changi Naval Base Singapura, dibawa menggunakan KRI Semarang nomor lambung 594 kapal BKO Guskamla Koarmada I DWD. Bantuan itu tiba di Pelabuhan Batuampar, Batam, Rabu (18/11). Selanjutnya diserahterimakan dari kapal KRI Semarang, ke Pjs Gubernur Bahtiar.

Menurut Bahtiar, alat-alat itu sangat penting dan berharga untuk membantu masyarakat, mengingat masa berakhirnya virus belum diketahui.

Adapun, bantuan yang diterima, diantaranya 850 Oxygen Concentrators, 340 BIPAP, 127 Ventilators, 6 X-Ray Machine dan 287.500 KN95 Mask. Kemudian ada 107.500 Surgical Gowns, 53.500 face shields, 56.000 googles, 107.500 gloves, 112.500 surgical caps, 122.500 shoe covers, 30.000 surgical mask, 20.000 bunny suits.

“Termasuk ada 10.000 PCR test dan 5,000 RNA extraction preps. Bantuan ini untuk 19 instansi di Kepri. Mulai dari TNI, Kemenkes, Kemendagri, 11 pemerintah provinsi, tiga Pemerintah Kota, NU dan Muhammadyah.”kata Bahtiar.

Penyerahan bantuan dari Singapura berlangsung secara virtual kepada KBRI Singapura. Penyerahan dilakukan oleh Mr. Bennedict Cheong selaku Chief Executive Temasek Foundation International kepada Duta Besar Suryopratomo.

Saat penyerahan, turut hadir perwakilan dari BNPB serta perwakilan dari seluruh instansi penerima yaitu Markas Besar TNI, Pemerintah Daerah Kepulauan Riau, Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jambi, DKI Jakarta, Bali, Sumatera Selatan, Jawab Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB,  Batam, Banyuwangi, serta perwakilan dari Kemenkes, Kemendagri, NU, dan Muhammadiyah.

Pada acara virtual itu, Danguskamla Koorarmada I, Yayan Sofyan membeberkan bantuan dari Temasek, termaksud peruntukannya. Bantuan yang tidak sedikit jumlahnya ini dijemput langsung oleh KRI Semarang dibawah komando Letkol (L) Aprilian Sukarno.

“Ini operasional sosial untuk pengentasan pandemi Covid-19. Semoga ini mempercepat kita keluar dari situ dan menjalani kehidupan normal,” kata Yayan.

Menurut Yayan, selaku yang terlibat dalam penjemputan menggunakan KRI Semarang. Pembongkaran bantuan di Batuampar untuk didistribusikan di Batam, Kepri, dan untuk daerah lain di Sumatera. Kemudian Kapal akan berlayar ke Jawa.

Atas bantuan itu, Dubes RI untuk Singapura, Suryopratomo menyampaikan apresiasi kepada Temasek Foundation, yang sudah beberapa kali memberikan bantuan peralatan medis untuk penanganan Covid-19 di Indonesia.

“Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Panglima TNI atas dukungan transportasi yang diberikan dalam penyaluran bantuan dimaksud ke Indonesia,” kata Suryopratomo.

Sementara itu, Pimpinan Temasek Foundation, Bennedict Cheong menyampaikan bahwa apa yang dilakukan Temasek Foundation bukanlah membantu. Tapi bagian dari kebersamaan atau partnership. Dimana, Covid-19 diakui, mengajarkan kepada bahwa semua negara, harus bersama-sama menghadapinya.

“Tidak pernah ada negara yang aman dari  Covid-19 kalau masih ada negara lain yang dilanda wabah. Itu yang kita lakukan hari ini bukanlah membantu, tetapi kita bersama-sama atau partnership untuk menghadapi Covid-19,” katanya. (Red)

Tinggalkan Balasan