Home / Riau / Begini Sejarah Singkat Ritual Bakar Tongkang Bagansiapiapi

Begini Sejarah Singkat Ritual Bakar Tongkang Bagansiapiapi

pemilik IP Plaza, Sugianto (raja baut) memberikan replika kapal tongkang kepada Bupati Rokan Hilir H Suyatno

Rohil, SB – Bupati Rokan Hilir, H Suyatno hadiri malam acara ritual bakar tongkang yang dilaksanakan di Aula IP Plaza Bagansiapiapi, Jumat 29 Juni 2018 malam.

Dalam sambutannya H Suyatno juga menceritakan secara singkat terjadinya sejarah bakar tongkang di Bagansiapiapi.

Diceritakan, awalnya 18 orang perantau asal tiongkok itu mengarungi lautan dan berjanji tidak akan kembali lagi ke daerahnya ke tanah leluhurnya. Maka ditenggelamkan lah kapal tongkang itu.

lama-kelamaan 18 orang itu mendarat ke darat dan bermukim bertempat tinggal namanya Bagansiapiapi.

“Jadi itu sejarah yang mengatakan demikian nah Bakar Tongkang merupakan tradisi yang dilaksanakan setiap tahunnya ini kalau tidak ada pak raja baut Pak Kapolda bersama donatur lainnya jangan mimpi seperti ini ramainya ini sehingga dapat mengundang artis-artis dari luar negeri,” katanya.

Acara malam ritual bakar tongkang yang juga dihadiri Kapolda Riau Irjen Pol Nandang mengatakan bahwa besok Kota Bagansiapiapi akan dibanjiri lautan manusia khususnya masyaraktat Tionghoa yang akan mengikuti prosesi ritual bakar tongkang.

Bupati H Suyatno juga mendoakan agar Kapolda beserta istri dan rombongan selama menetap di Kota Bagansiapiapi dalam keadaan sehat walafiat.

“Dan terima kasih kepada Ibu dari salah satu kementerian pariwisata Republik Indonesia ini tradisi yang dilaksanakan setiap tahunnya dan ini merupakan aset provinsi Riau khususnya Kabupaten Rokan Hilir dan acara Bakar Tongkang ini sudah merupakan event nasional jadi setiap tahun di mana-mana masyarakat ini hanya bukan hanya datang dari Indonesia tapi dari belahan mancanegara hari ini bersama-sama kita di Kota Bagansiapiapi,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) juga mengucapkan terimakasih kepada pihak keamanan baik TNI/Polri.

“Saya mengucapkan terimakasih banyak mudah-mudahan selama kegiatan ritual Bakar Tongkang Kota Bagansiapiapi dalam keadaan kondusif aman sesuai dengan rencana. Mungkin hanya itu yang dapat kami sampaikan lebih kurang menghormati wabillahi taufik wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,” sebut Bupati H Suyatno sembari melantunkan sebuah lagu nostalgia bernada Hokian.

Dalam kesempatan itu pemilik IP Plaza, Sugianto (raja baut) memberikan replika kapal tongkang kepada Bupati Rokan Hilir H Suyatno dan kepada Kapolda Riau, Irjen Pol Nandang. Para tamu juga di hibur artis asal negeri Taiwan. (wisman)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Seorang Pemuda Pelaku Pencabulan Anak di Bawah Umur di Rohil Dijebloskan Ke Penjara

Rohil, SB – Pagar makan tanaman, itulah kata-kata yang pantas diberikan kepada seorang pemuda pelaku …