Home / Tanjungpinang / Barenlitbangda Kepri Rapat FGD Ranwal RPJPD

Barenlitbangda Kepri Rapat FGD Ranwal RPJPD

Peserta FGD berfoto bersama

Suarabirokrasi.com, Kepri,- Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Daerah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) melakukan Focus Group Discussion (FGD) penyusunan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Daerah Provinsi Kepri. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada kamis (07/09/2023) di Hotel Artotel, Jakarta.

Rapat FGD dipimpin langsung oleh Kepala Barenlitbangda Kepri, Misni S.Km., M.Si., dan rapat juga melibatkan narasumber skala nasional, diantaranya Guru Besar FIa Universitas Indonesia – Sekretaris Eksekutif Komite Pengarah RB Nasional, Prof. Dr. Eko Prasojo, Mag. Rer. Publ. Dan, Guru Besar Hukum International Universitas Indonesia, Prof. Hikmahanto Juwana S.H., L.L.M., Ph.D, yang juga menjabat sebagai rektor universitas Jenderal Ahmad Yani. Narasumber lainnya, Kepala Kajian Keuangan Publik dan Perencanaan Pembangunan, LPEM FE Universitas Indonesia, Khoirunurrofik Ph.D.,

Misni optimis dengan dilibatkannya dua professor di FGD ini, akan meningkatkan kualitas rancangan awal RPJPD Provinsi Kepri, sehingga lebih visible dan prediktable untuk 20 tahun ke depan.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan, Arman, S.T., menjelaskan bahwa Ranwal ini menyangkut masa depan dan arah kebijakan pembangunan Provinsi Kepri 20 tahun mendatang. Untuk itu rapat dan FGD ini harus dilaksanakan beberapa kali dan melibatkan narasumber-narasumber yang kompeten agar hasilnya optimal.

Selain itu, juga dilakukan koordinasi dengan pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten dan kota agar selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJN).

” Dalam waktu dekat kita akan mengundang pemerintah kabupaten dan kota untuk mendapatkan masukan dan mensinergikan RPJP Provinsi dengan RPJP kabupaten dan kota,”ungkap Arman.

FGD juga melibatkan akademisi Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Dr.Alfiandri S.Sos., M.Si., Tim UI-CSGAR, Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Pembangunan, Raymond Rayendra Elven S.Si., M.A., M.S.E., Fungsional Perencana dan staff di lingkungan Bappeda Kepri.

Sumber : Barenlitbangda Kepri
Editor : Edy M

Tinggalkan Balasan