Home / Batam / Cegah Konflik, Dinsos Kepri Selenggarakan Sarasehan Kearifan Lokal

Cegah Konflik, Dinsos Kepri Selenggarakan Sarasehan Kearifan Lokal

Foto bersama

Suarabirokrasi.com, – Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Riau, menyelenggarakan kegiatan Sarasehan Kearifan Lokal tahun 2022 selama 3 hari, mulai 21 Maret hingga 23 Maret.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Golden View, Batam, Senin (21/3/2022), dibuka langsung oleh Kepala Dinas Sosial Eko Sumbaryadi yang juga merangkap sebagai Penjabat Sekda Provinsi (Sekdaprov) Kepri.

Dalam sambutannya, Eko menyampaikan, kegiatan Sarasehan Kearifan Lokal ini, merupakan implementasi dari undang-undang nomor 7 tahun 2012 tentang penanganan konflik sosial. Di mana pemerintah daerah sesuai kewenangannya harus melakukan pencegahan konflik.

“Melalui Sarasehan Kearifan Lokal ini, Kita berharap dapat mengoptimalkan peran masyarakat dalam pencegahan konflik sosial di Provinsi Kepri,”Ungkap Eko Sumbaryadi.

Lanjutnya berpesan kepada seluruh peserta agar dapat aktif memberikan sumbang saran, sehingga akan didapatkan sejumlah rekomendasi dan kesepahaman yang positif.

“Terutama, terkait komitmen bersama untuk mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal dalam penanganan konflik secara komprehensif, terkoordinasi, dan terintegrasi,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Eko juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta, narasumber dan undangan yang hadir.

“Juga kepada anggota DPRD Kepri, Pak Alex Guspeneldi, yang mendorong terselenggaranya sarasehan ini,” ucapnya.

Sementara itu, Kabid Perlindungan Korban Bencana Dinas Sosial Provinsi Kepri, Hanizar menyampaikan, adapun peserta sarasehan ini diikuti sebanyak 49 orang.

Yang terdiri dari tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan relawan pelopor perdamaian dari Kota Tanjungpinang, Batam, Bintan dan Kabupaten Karimun.

“Kami juga mengundang sejumlah narasumber yang berasal dari Dinsos Kepri, anggota DPRD Kepri, Polda Kepri, Badan Intelijen Nasional (BIN) Kepri, serta dari akademisi Universitas Batam,” ucapnya mengakhiri.

Hadir dalam pembukaan Sarasehan Kearifan Lokal di antaranya Sekretaris Dinsos Kepri, Yeni Ardianti, Anggota DPRD Kepri Alex Guspeneldi, Kabid Linjamsos Bintan, Kabid Linjamsos Karimun dan Sekretaris Dinsos Batam.

Sumber & fhoto: (hk)

Tinggalkan Balasan