Home / Anambas / April, Pendataan Keluarga Berencana Dimulai

April, Pendataan Keluarga Berencana Dimulai

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana kabupaten Kepulauan Anambas Paras siregar

Anambas, SB РPendataan Keluarga merupakan kegiatan lima tahunan BKKBN untuk mendapatkan data keluarga Indonesia. Hal ini sesuai dengan Undang-undang No 52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, yang diperkuat dengan Peraturan Pemerintah No 87 Tahun 2014 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana, dan Sistem Informasi Keluarga. Peraturan tersebut  mengamanatkan bahwa dalam rangka mendukung penyelenggaraan perkembangan Program Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK) diperlukan Data dan Informasi Keluarga yang dikelola dalam sistem informasi keluarga (SIGA).

Dengan demikian, hal tersebut harus bermula dari tingkat Kabupaten maupun kota. Menurut Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana kabupaten Kepulauan Anambas Paras Siregar mengatakan, Pendataan keluarga berencana akan dimulai pada awal April tahun 2021 mendatang.

“Untuk pendataan keluarga berencana kita mulai pada April mendatang, dan itu serentak di seluruh Indonesia,” kata Paras, Kamis (25/2/2021).

Ia menjelaskan, pendataan keluarga nantinya akan dilakukan dengan menggunakan dua sistem, yakni secara formulir dan online melalui aplikasi smartphone.

“Selain pakai formulir nanti kita juga menggunakan pegisian secara online yang dilakukan oleh petugas, tentunya dalam hal ini kita butuh tenaga lapangan yang memahami bagaimana melakukan pendataan,” ungkapnya.

Ada 15 lembar pada formulir yang nantinya di isi oleh setiap Kepala Keluarga dengan memakan waktu selama 15 – 45 menit.

Adapun untuk sasaran yang dilakukan pendataan sebanyak 13.308 Kepala Keluarga (KK) di seluruh kabupaten Kepulauan Anambas. Ia mengungkapkan, nantinya pihaknya akan melibatkan 137 petugas yang meliputi 10 orang manager pengelola, 10 orang manager data, 54 orang supervisor, dan 63 orang pendata.

Jumlah pendataan tahun ini dikatakannya ada peningkatan dari lima tahun yang lalu. (*Ai)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin