Home / Tanjungpinang / Rumah Tiga Lantai Milik Pejabat di Kota Tanjungpinang, Warga Mengeluh Kerusakan Bangunan

Rumah Tiga Lantai Milik Pejabat di Kota Tanjungpinang, Warga Mengeluh Kerusakan Bangunan

Suarabirokrasi.com, Tanjungpinang,- Beberapa rumah warga di Jalan Pramuka, lorong Tanama RT. 01 RW 04 Kelurahan Tanjung Ayun Sakti yang berada tepat disamping belakang rumah berlantai tiga mengalami kerusakan struktur.

Kerusakan berupa keretakan dinding- dinding rumah tersebut terjadi beberapa tahun setelah rumah lantai tiga milik salah seorang pejabat di Pemerintahan Kota Tanjungpinang dibangun.

Salah seorang warga yang rumahnya mengalami kerusakan, Basdinal mengatakan. Dirinya baru mengetahui rumah tersebut mengalami kerusakan pada saat mulai akan menempati rumah tersebut pada tahun 2017.

“Saat itu masih retak rambut, tetapi sekarang retaknya semakin besar, bahkan saya bisa bersalaman dengan tetangga sebelah,”ungkap Basdinal kepada media, 27 Juni 2024.

Basdinal mengaku telah melaporkan masalah ini kepada pihak RT dan RW agar masalah yang dihadapinya dapat ditemukan solusi kepada pihak pemilik bangunan rumah berlantai tiga. Tetapi sampai saat ini dirinya mengaku belum mendapatkan bantuan untuk perbaikan.

Dirinya menduga kuat bahwa penyebab kerusakan rumahnya dan beberapa rumah tetangganya disebabkan dampak dari adanya bangunan lantai tiga yang jaraknya kurang dari satu meter tepat berada di belakang rumahnya.

“Inikan dahulu tanah timbun, jadi kalau ada bangunan lantai tiga, tentunya berdampak pada kondisi tanah dan kepada bangunan rumah kami, sehingga dindingnya retak karena pondasi rumah bergerak,”kata pria berusia 61 tahun ini.

Basdinal berharap permasalahan rumah miliknya ini dapat menemukan solusi atau ganti rugi perbaikan sehingga rumah tersebut dapat ditempati dengan layak dan aman.

Untuk itu Basdinal pada tanggal 02 Juli 2024 mendatangi kantor Satpol PP Kota Tanjungpinang dan membuat laporan secara resmi, agar permasalahan bangunan ini dapat ditindaklanjuti oleh instansi terkait kelayakannya suatu bangunan dan garis sempadan bangunan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Saya berharap pihak Satpol PP dapat membantu saya agar dapat menemukan solusi untuk keamanan dan kenyamanan rumah tinggal kami”harap Basdinal.

Tinggalkan Balasan