Home / Anambas / Gerakan Pangan Murah Stabilisasi Pasokan Harga Pangan Sempena Hari Jadi Ke 16 Kabupaten Anambas

Gerakan Pangan Murah Stabilisasi Pasokan Harga Pangan Sempena Hari Jadi Ke 16 Kabupaten Anambas

Jurnalsidik. Com, Anambas – Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris membuka gerai pangan murah yang dilaksanakan Dinas Perikanan Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas di eks kantor Bupati, jl.Imam Bonjol, Tarempa, Minggu (23/6/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan dan bersempena dengan peringatan hari Jadi ke 16 Anambas Kabupaten Kepulauan Anambas Tahun 2024 ini.

Abdul Haris mengapresiasi kegiatan ini kepada badan Pangan nasional, Dinas ketahanan Pangan Pertanian dan Kesehatan hewan provinsi kepulauan riau.Bank Indonesia perwakilan provinsi kepulauan Riau,Dinas Perikanan dan Pertanian dan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas, perum bulog, para pedagang petani dan Distributor Pangan, serta pihak lainnya.

Abdul Haris mengatakan, Gerakan Pangan Murah (GPM) dilaksanakan dalam rangka stabilisasi pasokan dan Harga pangan,untuk memastikan ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga pangan dalam upaya pe gendalian Inflasi Daerah.. Ujarnya

“Gerakan pangan murah merupakan salah satu cara yang efektif untuk menekan laju Inflasi dan menjaga stabilitas harga komoditas bahan pokok. Masyarakat belanja untuk memenuh kebutuhan sehari hari dengan harga terjangkau sehingga terjadi perputaran ekonomi yang dapat meningkatkan roda perekonomian daerah”.Tegasnya.

Dikatakan Abdul Haris. Gerakan pangan murah tidak hanya tentang harga pangan, kegiatan ini juga merupakan strategi mewujudkan ketahanan pangan daerah dengan mengembangkan segala potensi pertanian lokal yang kita miliki.

Pinar Salah satu ibu rumah tangga saat ditanyakan wartawan Jurnalsidik.com tentang program gerakan pangan murah yang diadakan oleh pemerintah daerah ini dia mengatakan,dengan program yang dilakukan pemerintah ini sangat bagus buat dia dan keluarganya mengadakan pasar murah bisa meringankan pengeluaran seperti gula sangat jauh dari harga pasar.

Pinar mengatakan kembali, Bahan pokok yang di jual disini untuk masyarakat antara lain meliput, Beras,minyak goreng,gula pasir, telur ayam, cabe rawit, bawang putih, bawang merah dan jenis pangan lainnya sangat sangat murah.katanya.

“Kalau dibandingkan harga di pasar di sini harganya sangat murah gula per kilonya biasanya di pasar Rp. 20 ribu di sini harganya Rp.18 ribu /kilo. Minyak goreng di pasaran Rp 32 ribu disini Rp 38 ribu. Lumayanlah Alhamdulillah” ujarnya.

Harapanya semoga dengan kegiatan program yang dilakukan ini setidak tidaknya dilakukan 2 x dalam setahun sehingga dapat membantu masyrakat dalam berbelanja kebutuhan bahan pokok untuk masyarakat sehari hari.harapanya.

“Selamat ulang tahun yang ke 16 Kabupaten Kepulauan Anambas tahun 2024,semoga 16 tahun semangkin Anambas semangkin dewasa semoga Anambas ini semangkin kaya semangkin makmur dan semangkin mantaplah kedepannya”. harapannya.

Dalam kesempatan kegiatan ini bupati juga memberikan bantuan berupa bibit cabai untuk di tanam di perkarangan warga masyarakat untuk dikembangkan sebagai untuk pemanfaatan lahan perkarangan rumah tangga masing masing.

“Untuk itu kepada masyarakat, silakan memanfaatkan momentum ini untuk berbelanja guna memenuhi kebutuhan pangan keluarga, namun perlu juga kami mengingatkan belanjalah sesuai kebutuhan pangan keluarga, namun perlu juga kami ingatkan berbelanjalah sesuai kebutuhan dan jangan belanja berdasarkan keinginan”.pesannya.(Agus)

Tinggalkan Balasan