Site icon Suara Birokrasi

Program Strategis TNI AL, Desa Temburun Ditetapkan Menjadi Kampung Bahari Nusantara

Penandatanganan prasasti status Kampung Bahari Nusantara oleh Komandan LANAL Tarempa di Desa Temburun, Kabupaten Kepulauan Anambas, Senin (15/05/2023)

Suarabirokrasi.com, Kepulauan Anambas,- Desa Temburun, Kabupaten Kepulauan Anambas ditetapkan sebagai Kampung Bahari oleh LANAL Tarempa Koarmada I, Senin (15/05/2023), bersama dengan 68 desa lainnya yang tersebar di 68 wilayah kerja Satkowil jajaran TNI AL seluruh Indonesia.

Peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) ini berlangsung serentak seluruh Indonesia pada acara Peresmian KBN TA 2022 terpusat dilaksanakan oleh Wakil Presiden RI Bapak Prof. Dr. (H.C.) KH. Ma’ruf Amin bersama Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla. Senin (15/05/2023).

Peresmian serentak KBN TNI AL TA. 2022 di seluruh Indonesia ini bertema “Kampung Bahari Nusantara TNI AL Siap Meningkatkan Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Bagi Masyarakat Maritim yang Sejahtera,” dipusatkan di Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu.

Kegiatan diikuti secara Vicon oleh seluruh Lantamal dan Lanal – Lanal di seluruh Indonesia termasuk Lanal Tarempa.

Pangkalan TNI AL (Lanal) Tarempa sebagai Satkowil TNI AL yang berada di wilayah perbatasan Natuna Utara, tepatnya di Kec. Siantan Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau memilih Desa Temburun sebagai Desa Binaan TNI AL dalam program KBN TA. 2022 dengan melibatkan Pemerintah Daerah, instansi dan mitra lainnya sesuai dengan 5 klaster sasaran program KBN, yaitu klaster edukasi, pertahanan dan keamanan, ekonomi, kesehatan dan pariwisata.

Dengan berlangsungnya peresmian itu. Wakil Presiden RI Ma’aruf Amin merasa bangga dan mendukung program KBN yang diinisiasi oleh TNI AL ini dan menyatakan bahwa Kampung Bahari Nusantara yang dimotori oleh TNI AL sangat tepat, TNI berasal dari rakyat.

“Dengan pantai terpanjang kedua di dunia, diikuti dengan produksi perikanan terbesar kedua di dunia menjadi kisah yang membanggakan sekaligus ironi karena masyarakat pesisir belum sejahtera, oleh sebab itu saya memandang gagasan Kampung Bahari Nusantara yang dimotori oleh TNI AL sangat tepat, TNI berasal dari rakyat, adanya KBN Merupakan bentuk nyata kehadiran TNI AL ditengah rakyat untuk membangun ketahanan wilayah maritim yang menyanggah Negara,” ujar Wakil Presiden dalam pidatonya.

Pada kesempatan itu. Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) turut menyampaikan pandangannya terkait pembangunan yang merata dan berkeadilan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdaulat dan demokratis.

Menurutnya, TNI Angkatan Laut sebagai perangkat negara memiliki peran yang sangat vital dalam mewujudkan agenda strategis tersebut melalui program Kampung Bahari Nusantara, sebagai wadah pembinaan wilayah pesisir, agenda ini bertujuan untuk memecahkan permasalahan ekonomi,

“Kapasitas TNI Angkatan Laut sesuai dengan kapasitas dan amanat undang-undang memiliki peranan dalam melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut, oleh karena itu TNI Angkatan Laut menginisiasi program Kampung Bahari Nusantara sebagai wadah pembinaan wilayah pesisir, agenda ini bertujuan untuk memecahkan permasalahan ekonomi, kesehatan dan pariwisata dalam rangka mewujudkan ruang laut dan mendukung transformasi ekonomi dan berkelanjutan menuju masyarakat maju” Ucap Laksamana Muhammad Ali.

Secara terpisah. Di desa Temburun, Kepulauan Anambas. Danlanal menjelaskan bahwa dengan diresmikannya Desa Temburun sebagai KBN binaan Lanal Tarempa, diharapkan lima klaster sasaran dalam program KBN dapat menjadi pendorong bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat khsusunya di Desa Temburun.

“Sebelum diresmikan pada hari ini, sejak diawali pada tahun 2022, Lanal Tarempa telah melaksanakan beberapa kegiatan yang menyasar bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, pariwisata serta pertahanan kepada masyarakat Desa Temburun sebagai wujud nyata implementasi Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) yang dikemas dalam Program Kampung Bahari Nusantara Lanal Tarempa, di antaranya berupa Sunatan Masal, Pengobatan Gratis, pembagian paket Sembako, Renovasi Rumah Pintar beserta pemberian fasilitas penunjang lainnya, dan pemberian 6 unit gerobak guna mendukung UMKM Masyarakat Desa Temburun kepada masyarakat Desa Temburun sebagai Desa Binaan Lanal,” jelas Letkol Ibni.

Kegiatan peresmian dihadiri oleh Bupati Kepulauan Anambas, Danlanal Tarempa, Dandim 0318/Natuna diwakili Danramil 02/Tarempa, Kapolres Anambas diwakili Wakapolres, Personel Lanal Tarempa, Personel Koramil 02/Tarempa Dim 0318/Natuna, Personel Polres. (Ags)

Exit mobile version