Home / Nasional / Pengurus DPW Iskindo Kepri Terlantik, Siap Membangun Kelautan Kepri

Pengurus DPW Iskindo Kepri Terlantik, Siap Membangun Kelautan Kepri

Ketua Umum DPP Iskindo, Riza Damanik (baju batik) menyerahkan Pataka kepada Ketua DPW Iskindo Kepri, Dony Apdillah (baju Biru)

Suarabirokrasi.com, Tanjungpinang,- Ketua Umum Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (ISKINDO), M. Riza Damanik. Ph.D secara resmi melantik Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Priode 2021-2024, di gedung auditorium Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Dompak, Sabtu (10/09/22).

Prosesi pelantikan berlangsung dengan penyerahan Pataka Iskindo yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum DPP Iskindo, Riza Damanik kepada Ketua DPW Iskindo Kepri Dr. Doni Apdillah S.Pi, M.Si, disaksikan langsung oleh Rektor UMRAH Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti S.Pi, DEA dan civitas akademika Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH).

Usai pelantikan, pengurus Iskindo melakukan dialog kelautan dan kuliah umum bersama mahasiswa dan mahasiswa UMRAH.

Dialog bertema “Tantangan dan Peluang Pemanfaatan Potensi Prov Kepulauan Riau Menuju Era 5.0” saat itu, mendapat perhatian serius dari seluruh mahasiswa yang hadir dan berbagai unsur kelembagaan di Kepri dan Pusat yang hadir.

Ketua DPP Riza Damanik saat memberikan kuliah umum memaparkan komitmen Iskindo untuk mengawal pembangunan berbasis maritim dari pusat hingga daerah.

“Kita akan mendorong lembaga – lembaga yang potensial dan berkaitan dengan kelautan, untuk bekerjasama dalam bursa kerja seperti Lagoi, BP Batam, Pemprov, Kabupaten/Kota dan BUMN,”ungkap Ketua DPP Iskindo.

Foto bersama usai pelantikan di gedung auditorium UMRAH, sabtu (10/09)

Selanjutnya, materi pemaparan disampaikan oleh Ketua Iskindo Kepri, Dr. Doni Apdillah. Dirinya menyatakan komitmennya bersama pengurus Iskindo Kepri untuk mengemban tugas membangun Kepri.

“Membangun Kepri sama saja membangun Indonesia, karena Kepri ini termasuk miniaturnya Indonesia.”tegasnya.

Dirinya menyampaikan bahwa, program kerja Iskindo Kepri priode 2021-2024, diprioritaskan untuk mengupayakan terlaksananya program-program pembangunan berbasis kelautan.

“Kita telah menyusun program kerja ke depan. Setelah dilantik, Iskindo Kepri akan berupaya terwujudny program-program pembangunan dari sektor kelautan Prov Kepulauan Riau.”terang Dr. Dony Apdillah.

Peran DPW Iskindo Kepri, lebih detail disampaikan oleh Sekretaris DPP ISKINDO, Adi Candra. Menurutnya, Kepri memiliki 95 lebih wilayah laut dari luas Provinsi Kepri. Kondisi ini menjadi tugas besar bagi DPW ISKINDO agar sektor kelautan menjadi sektor unggulan yang harus digali oleh Pemerintah dan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi para Alumni UMRAh.

Ketua DPP Iskindo, Riza Damanik (kanan) bersama Ketua DPW Iskindo Kepri, Dony Apdillah (kiri) menanam manggrove, di Desa Pengudang, Jumat (09/09).

“Kita berharap memfasilitasi para alumni kelautan yang memiliki kompetensi kerja di bidang kelautan. Kami berharap, kedepan nya yang berkerja di sektor kelautan, diisi oleh alumni-alumni UMRAH, terutama alumni kelautan”.harap Adi Candra.

Untuk mempersiapkan pembangunan ekonomi di sektor kelautan di masa mendatang, Adi Candra berharap mahasiswa UMRAH fokus di dalam pendidikan.

“Selesaikan studi tepat waktu dan miliki kompetensi keterampilan sesuai kebutuhan perusahan. Saat ini, IPK tinggi saja tidak cukup, tapi harus ada keterampilan, salah satunya keahlian menyelam dan bersertifikat,”pungkas Adi Candra.

Turut hadir saat pelantikan, pengurus Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Ilmu Kelautan Perikanan (IKAFIKRA).

Ketua IKAFIKRA, Reka Tendra S.Pi optimis dengan dilantiknya pengurus DPW Iskindo Kepri 2021-204. Dirinya menyatakan akan mendukung program kerja Iskindo Kepri, terlebih untuk meberdaya gunakan para Alumni UMRAH.

“Kami akan mendukung program Iskindo Kepri untuk meningkatkan sektor ekonomi dibidang kelautan, terlebih akan mendayagunakan para Alumni UMRAH untuk ikut membangun potensi kelautan di Kepri,”Ungkap Reka.

Reka berharap, Iskindo dapat berjalan selaras dengan Pemprov Kepri dalam menggali potensi kelautan di Kepri. Karena, menurut Reka, selama ini program Pemprov Kepri untuk sektor kelautan belum maksimal, terlebih dalam hal pemberdayaan para Alumni UMRAH.

“Semoga Iskindo dapat selaras dengan Pemprov Kepri untuk komitmen membangun sektor kelautan, terutama meningkatkan peran alumni dari Universitas Negeri yang berada di Kepri ini,”harap Reka.

Foto bersama usai Penanaman Manggrove di Desa Pengudang

Secara terpisah. Sebelum pelaksanaan pelantikan, Pengurus DPP Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (ISKINDO) dan DPW Iskindo Kepri melakukan penanaman 1000 pohon manggrove di perairan Pengudang, Jumat (09/09).

Saat itu, Ketua umum Riza Damanik dan Ketua DPW Kepri Dony Apdillah juga memberikan bantuan berupa Solar Panel dan perlengkapannya kepada warga di Desa Pengudang yang merupakan aktivis lingkungan di wilayah tersebut.

Bantuan ini, merupakan bentuk kepedulian Iskindo Kepri terhadap warga setempat yang ikut bertanggung jawab menjaga kelestarian lingkungan mangrove atau tanaman bakau.

“Manggrove di Provinsi semakin memperihatan kondisinya, sudah hampir 50 % rusak, sedangkan potensinya manfaanya luar biasa terutama untuk mitigasi bencana terhadap pemanasan global dan bahaya tsunami. Kita juga hari berkesempatan membagikan lampu tenaga surya kepada pegiat lingkungan disini,” terang Doni Apdillah, Jumat (09/09).

Turut serta menanam Mahasiswa Umrah dan kominitas Maritim Muda Nusantara Tanjungpinang – Bintan.

Penulis & Fhoto : Istimewa/ Edy M