Home / Tanjungpinang / Kendalikan Inflasi, Pemprov Kepri Gelar Bazar Pangan

Kendalikan Inflasi, Pemprov Kepri Gelar Bazar Pangan

Suasana bazar pangan murah di halaman Foodcourt Bintan Centre, Tanjungpinang, ramai dikunjungi warga, sabtu (20/08)

SuaraBirokrasi.com, Kepri,- Untuk menekan inflasi (kenaikan harga barang dan jasa-red), Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Kesehatan Hewan (KP2KH) menggelar Bazar Pangan Murah di Halaman Foodcourt Bintan Centre, Tanjungpinang, Sabtu (20/08).

Bazar yang akan digelar selama dua hari, mulai tanggal 20 sampai dengan 21 Agustus 2022 ini, bekerja sama dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kepri dan stake holder terkait. Diantaranya, Badan Pangan Nasional, Bank Indonesia Perwakilan Kepri, Bulog, BPTP, dan UMKM Lokal.

Bazar Pangan Murah ini dikatakan Kepala Dinass KP2KH Kepri, Rika Azmi merupakan bagian Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi. Yakni melalui pengendalian kenaikan harga pangan.

“Jadi ada Program extra effort dari Badan Pangan Nasional, salah satunya menggelar bazar pangan di seluruh Indonesia termasuk Kepulauan Riau. Ini termasuk 3 program yang dilakukan untuk pengendalian harga pangan oleh Badan Pangan Nasional.

Selain itu program kedua, melakukan kerja sama antar daerah. Jelas Rika, daerah yang minus dikoneksi dengan daerah yang surplus.

“Nantinya diberikan subsidi untuk transportasi. Kemudian ketiga, monitoring dan evaluasi terhadap perkembangan harga setiap harinya” jelas Rika.

Berdasarkan rilis Bank Indonesia dan Badan Pusat Statistik, ada dua komoditas penyumbang terbesar inflasi di Kepri dari segi pangan, yaitu cabe merah dan telur.

“Jadi, hari ini bazar pangan kita melakukan intervensi terhadap harga cabe merah dan telur. Di pasar, kita survei cabe merah masih di harga sekitar Rp. 74 ribu dan di bazar kita jual Rp. 60 ribu.”urainya.

Lanjut Rika mengatakan pantauan harga telur nomor 2 di pasar masih di atas Rp. 50 ribu per papan, dan harga telur di Bazar pangan murah dijual Rp. 45 ribu. Selain itu, Bazar ini juga menjual komoditas pangan lain seperti ayam potong, aneka bawang, beras, gula pasir, minyak goreng, dan sayuran.

“Mari kita bersama-sama hadir karena besok masih dilaksanakan satu hari lagi untuk bazar pangan. Kita juga menawarkan pembagian gratis paket sayuran bagi pembeli dengan syarat membawa fotocooy KTP” tutupnya.

Pada kesempatan itu, panitia juga membagikan bendera merah putih kepada pembeli yang hadir di Bazar Pangan Murah ini.

Sumber & Fhoto : Kominfokepri

Tinggalkan Balasan