Home / Batam / Pesan Rektor Uniba Mendukung SKW, Menyongsong Revolusi 4.0

Pesan Rektor Uniba Mendukung SKW, Menyongsong Revolusi 4.0

Foto bersama usai pelaksanaan SKW resmi dibuka, kamis (21/07) di aula Kampus Uniba

Suarabirokrasi.com, Batam,-Pelaksanaan kegiatan Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) skema wartawan utama, yang dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pers Indonesia berlangsung diikuti sebanyak 34 orang peserta.

Ketua Panitia kegiatan, Edi Susanto dalam laporannya menyampaikan apresiasinya kepada 34 peserta yang hadir dan perwakilan Polda Kepri melalui Humas Poltabes Barelang, Rektor Uniba, serta rombongan assesor dari LSP Pers Indonesia.

“Selamat datang di Kota Batam, Kota Madani, Provinsi Kepri dan terimakasih atas kesediaannya melakukan asesmen kepada peserta, semoga insan pers di Kepri menjadi insan pers yang bermartabat dan bermarwah,” ujar Edi Cindai sapaan akrabnya.

Selanjutnya mewakili Tempat Uji Kompetensi (TUK). Rektor Universitas Batam (Uniba) Prof. Dr .Ir. H. Chablullah Wibisono, MM. menyampaikan dukungannya terhadap kompetensi wartawan. Agar ikut membangun Provinsi Kepulauan Riau lebih maju di masa-masa mendatang.

“Mari kita bangun Kepri menjadi Provinsi yang maju, sesuai dengan keahlian yang kita miliki, saya sangat bangga dengan terselenggaranya kegiatan SKW ini,”kata Rektor Uniba di aula kampus, kamis (21/07/2022).

Lanjut Chablullah Wibisono menerangkan. Saat ini dunia termasuk Indonesia sudah memasuki Revolusi industri ke empat atau Revolusi 4.0, yakni era penerapan teknologi modern digital seperti teknologi fiber dan sistem jaringan terintegrasi di setiap aktivitas ekonomi dari produksi hingga konsumsi.

Assesor memberikan bimbingan teknis persiapan pelaksanaan SKW

“Saat ini kita memasuki revolusi four point zero (4.0) di mana semua berbasis internet dan digital, sehingga komunikasi dan informasi termasuk salah satunya yang ikut di dalam revolusi ini,” terang pria low profile ini.

Dan dirinya berharap, pelaksanaan SKW di Provinsi Kepulauan Riau dapat berlangsung berkesinambungan agar lahir wartawan-wartawan berkompenten sesuai standar kualifikasi yang diakui oleh negara.

Pesan selanjutnya disampaikan oleh Ketua LSP Pers Indonesia, Heintje Grontson Mandagie. SKW di Kepri merupakan kegiatan ke-4 di Indonesia, dan sebelumnya telah dilaksanakan di Jawa Timur, Jakarta dan Riau.

“Ini merupakan sejarah baru bagi Pers di Indonesia, khususnya di Kepulauan Riau. 34 Pimpinan Media akan memiliki sertifikat kompentensi wartawan berlogokan Garuda yang diakui negara,”terang Heintje Mandagie dan disambut tepukan dari hadirin.

Di akhir sambutan dan pesannya, Heintje mengatakan kegiatan SKW ini secara resmi dibuka.

Turut hadir saat itu. Pembantu Rektor, Ketua Parodi, Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N, SH, SIK, MH yang di wakili oleh Kasi Humas Polresta Barelang AKP Tigor Sidabariba, SH, dari Polda Kepri diwakili Kasubdit Multimedia Bid Humas Polda Kepri,AKBP Kurniawan, Kasubdit Dirpam BP Batam, dari LSP Pers Indonesia, Pengawas Asesor, Para Asesor dan Mahasiswa Uniba.

Kegiatan SKW skema utama LSP Pers Indonesia berlisensi BNSP ini, diikuti 34 orang peserta dengan jabatan Pemimpin Redaksi, Wakil Pemimpin Redaksi dan Redaktur Pelaksana. Kegiatan Asessmen dilakukan oleh lima orang asesor yang bersertifikat BNSP. Terdiri dari Heintje Mandagie, Edi Anwar, Hendri, ST, MT, Dedik Sugianto dan Manggapul Matondang.

Penulis & Fhoto : Edy Manto

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin