Home / Bintan / Komisi IV DPRD Kepri Bahas Pengembangan Situs Bukit Kerang

Komisi IV DPRD Kepri Bahas Pengembangan Situs Bukit Kerang

Suarabirokrasi.com,Kepri,- Kunjungan rombongan Komisi IV DPRD Provinsi Kepulauan Riau ke lokasi situs Bukit Kerang di Kawal, Kabupaten Bintan, Jumat (14/07) siang, masih menggunakan jalur jalan perkebunan yang dibangun oleh PT. Tirta Madu.

Di lokasi situs, Kepala Bidang Cagar Budaya Dinas Kebudayaan Provinsi Kepulauan Riau, R Imran Hanafi menjelaskan kondisi situs yang sedang dalam usulan menjadi kawasan Cagar Budaya.

“Luas lokasi situs Bukit Kerang mencapai satu hektar dan sudah diusulkan menjadi kawasan cagar budaya Provinsi Kepri yang saat ini sedang menunggu SK dari Gubernur.”kata Imran Hanafi.

Mengenai pengembangan situs ini, Wakil Ketua Komisi IV Sirajudin Nur mengharapkan agar dilakukan kegiatan-kegiatan kebudayaan di kawasan situs dan segera diusulkan untuk masuk kalender event kebudayaan

Sementara itu, Anggota Komisi IV Taufik juga memberikan masukan agar lokasi situs ini dapat dikenal khalayak publik, dengan membuat promosi tentang situs Bukit Kerangmelalui media sosial dan juga menggelar even-even kebudayaan.

“Kita minta dinas terkait lebih sering mendokumentasikan situs ini agar ke depan nya situs ini menjadi Salah satu kawasan yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara dan lokal,”jelas Taufik.

Untuk akses menuju situs ini, Kabid Dinas Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan, Ivan menjelaskan, untuk menuju kawasan situs.

“Lebih mudah jalur melalui laut, hanya berjarak 500 meter dari Dermaga ke kawasan situs Bukit Kerang.”kata Ivan.

Menanggapi itu, anggota Komisi IV Saproni lantas mendukung agar pihak dinas kebudayaan Kepri mengusulkan rencana peningkatan akses jalan menuju dermaga

“Kalau akses ke dermaga lebih mudah, nantinya agar segera diusulkan jalan menuju dermaga dibangun setelah SK Penetapan cagar budaya selesai.”kata Saproni.

Pada kesempatan itu, anggota Komisi IV Hanafi Ekra turut memberikan usulan untuk peningkatan dan pemberdayaan situs Bukit Kerang ke depan nya.

“Untuk situs ini, pihak terkait juga harus merencanakan langkah-langkah untuk menjadikan kawasan ini menjadi kawasan wisata baru yang ada di Kepri.”Ungkap Hanafi Ekra.

Penulis : Edy
Sumber & Fhoto : DPRD Kepri

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin