Home / Anambas / Kades Genting Pulur Lakukan MoU Pendidikan Bahasa Asing Untuk Siswa SD

Kades Genting Pulur Lakukan MoU Pendidikan Bahasa Asing Untuk Siswa SD

Suasana proses belajar bahasa inggris di SDN 004 Getting Pulur, Rabu (15/06)

Suarabirokrasi.com – Anambas,- Untuk meningkatkan kemampuan masyarakat desa Genting Pulur, Kepala Desa Genting Pulur, Bambang Asmara menggandeng Yayasan Anambas dengan tujuan, agar anak – anak desa tersebut memiliki kemampuan dasar terkait bahasa asing.

Penadatanganan kerjasama antara Kepala Desa Genting Pulur, Bambang Asmara dengan Ketua Yayasan Anambas, Jerry Winata terkait penambahan ilmu pengetahuan Bahasa Inggris, berlangsung di Kantor Desa Genting Pulur.

Secara teknis kerjasama pendidikan bahasa inggris akan diberikan kepada pelajar SDN 004 Desa Genting Pulur. Menurut Bambang, kegiatan ini sudah lama disepakati dan terkendala pandemi, sehingga tahun ini, baru dapat dilaksanakan.

“Sejatinya program ini sejak lama kita canangkan, jika bukan karena Pandemi tentunya di pertengahan tahun 2021 kemarin kegiatan ini sudah berjalan,”ucap Bambang, Rabu (15/06/22).

Lanjut Bambang menjelaskan. Sesuai kesepakatan antara Desa dengan Pengurus Yayasan Anambas, peserta yang akan dididik sebanyak 20 orang, terdiri dari murid kelas 1 dan kelas 4 SD.

“Nantinya akan dibagi menjadi dua kelompok, dengan satu kali pertemuan setiap minggu. Pihak Yayasan Anambas juga menggandeng pihak CAKAP dari Jakarta sebagai tutornya,”Ucap Bambang.

Saat kegiatan, tampak para peserta serius mengikuti pembelajaran yang disampaikan oleh Tutor secara online. Para peserta antusias menanggapi apa yang disampaikan oleh pengajar.

Dengan berlangsung nya kegiatan ini, Bambang berharap masyarakat mendukung program ini secara berkelanjutan, agar generasi muda desa Genting Pulur memiliki kemampuan dasar bahasa inggris yang lebih baik ke depannya.

“Semoga kegiatan DEC ini terus berlanjut dan anak-anak tetap mendapatkan pendidikan bahasa Inggris. Kegiatan unggulan Yayasan ini dilaksanakan secara gratis kepada peserta didik,”Ungkap Bambang.

Kegiatan ini, sambung Bambang, adalah salah satu upayanya untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Desa Genting Pulur yang siap menyambut wisatawan lokal dan mancanegara ke depannya.

“Sehingga kedepan anak-anak kita tidak lagi menjadi penonton karena keterbatasan ilmu pengetahuan nya,”tutupnya.

Sementara itu, Rido Mandala Putra menambahkan bahwa meskipun terkadang para Fasilitator merasa sedikit kewalahan dalam menghadapi anak-anak, namun terkadang sesekali ada tingkah anak yang membuat suasana menjadi heboh.

Kendati demikian, Para Fasilitator baik dari POKDARWIS maupun pihak Sekolah SDN 004 genting pulur tetap optimis dan tetap bersemangat dalam menghadapi berbagai jenis tingkah dari anak-anak.

“Untuk Fasilitator, saya tidak sendirian. Saya di kegiatan ini didampingi oleh satu orang teman saya dari POKDARWIS, yakni Saudari Nurfila dan dua orang Tenaga pendamping dari SDN 004 Desa Genting Pulur yakni ibu Widdiawati, S. Pd dan ibu Irnawati, S. Pd. meski demikian, kami para pendamping tetap saja kewalahan, terutama menghadapi anak didik kelas rendah seperti anak Kelas 1 SD,”Paparnya.

Diketahui bahwa sekitar 20 orang pelajar dari SDN 004 Desa Genting Pulur Ikut dalam pelaksanaan Pembelajaran tambahan Bahasa Inggris yang akrab disebut dengan Digital English Club (DEC) yang diselenggarakan oleh Yayasan Anambas dan bekerjasama dengan Pemerintah Desa Genting Pulur.

Selaku Ketua Fasilitator Kegiatan dan juga memiliki jabatan sebagai Ketua Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Desa Genting Pulur, Rido Mandala Utara menjelaskan bahwa kegiatan ini baru saja berlangsung pembelajarannya yang dimulai pada tanggal 06 Juni 2022 lalu.

Lebih lanjut Rido menjelaskan, “Untuk kelas 1 dijadwalkan pembelajaran nya pada hari Senin, dan untuk siswa kelas 4 akan dijadwalkan pada hari Selasa sore dengan jam yang sama yakni dimulai pada pukul 14.00-15.00 Wib. Selanjutnya kedepan kita berencana akan menambah satu hari lagi, yakni dengan kelas Offline, namun kapan dan hari apa nantinya belum kita putuskan, tergantung dari kesediaan teman-teman Fasilitator lain nya,”Pungkasnya.

Penulis & Fhoto : Redaksi

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin