Home / Tanjungpinang / Persiapan Bawaslu Jelang Masa Tenang dan Perkuat Pengawas di Kepri

Persiapan Bawaslu Jelang Masa Tenang dan Perkuat Pengawas di Kepri

Plh Ketua Bawaslu Kepri Said Abdullah Nawawi ST (dok.net/haluankepri)

Kepri,- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Riau tetap fokus untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sehat di Kepulauan Riau

Diantaranya, menjelang memasuki masa tenang. Pihak Bawaslu telah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk penertiban alat kampanye pemilu setiap pasangan calon. Termasuk dengan setiap tim pemenangan pasangan calon kepala daerah untuk membangun suasana kondusif pada masa tenang tanpa atribut kampanye.

“Kita harapkan setiap tim paslon ikut mensukseskan Pilkada ini, terutama pada masa tenang, setiap atribut paslon harus dicabut, sesuai dengan aturannya,” kata Plh Bawaslu Kepri, Said Abdullah Nawawi ST, di depan kantor Bawaslu Kepri, senin (1/12/2020).

Bawaslu juga sudah mempersiapkan langkah-langkah pengawasan pemilu di masa Pandemi, saat akan berlangsung pemungutan dan pendistribusian surat suara dari pulau-pulau atau daerah rawan.

“Kita harus ikut memastikan penerapan protokol kesehatan pada saat pemilu berlangsung. Untuk pendistribusian surat suara sebelum dan sesudah pemilihan, kita lakukan pemantauan ekstra, di daerah yang diperkirakan rawan,” kata Said Abdullah Nawawi ST

Bawaslu Kota Tanjungpinang Laksanakan Bimtek Pengawas

Secara terpisah. Bawaslu Kota Tanjungpinang memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada 45 orang Pengawas di tingkat Kecamatan dan Kelurahan. Materi yang diberikan antara lain, mengenai proses pemungutan suara, serta pembekalan tentang 12 hal baru di Pilkada serentak dimasa pandemi.

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang M Zaini

Dalam Bimtek yang berlangsung, senin (1/12/2020) di ruang rapat Hotel CK, Tanjungpinang. Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang menekankan kepada peserta Bimtek untuk menjalankan integritas dan netralitas saat pelaksanaan Pilkada.

Melalui pelaksanaan Bimtek itu. Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang M Zaini berharap agar pengawas di Kecamatan dan Kelurahan dapat memberikan arahan kepada pengawas yang berada di setiap TPS.

“Saat ini yang mengikuti Bimtek sebanyak 45 peserta dari Kecamatan dan Kelurahan. Nanti mereka yang meneruskan kepada pengawas di setiap TPS,” kata M Zaini.

Dirinya optimis, melalui pelatihan petugas pengawasan ini, dapat mencegah potensi kerawanan dan pelanggaran Pemilu tahun ini, dari mulai dugaan politik uang maupun pelanggaran jenis lainnya.

Bimtek yang diikuti sebanyak 45 peserta dari pengawas tingkat Kecamatan dan Kelurahan, dengan .(red)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Sengketa Dengan Warga, Pemko Tanjungpinang Mangkir di Sidang Ajudikasi

Tanjungpinang, SB – Penyelesaian sengketa informasi antara warga Kota Tanjungpinang dengan Pemerintah Kota Tanjungpinang memasuki …