Site icon Suara Birokrasi

Penerima Penghargaan Kampung Sehat Awards Polda NTB

Nusa Tenggara Barat – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, mewakili Kapolri pada kegiatan pemberian hadiah Lomba Kampung Sehat “Nurut Tatanan Baru” (Kampung Sehat Awards) Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) bertempat di Ballroom Killa Senggigi Hotel, NTB, Senin, 9 November 2020.

Kapolda NTB, Irjen Pol Mohammad Iqbal, menjelaskan Kampung Sehat merupakan penjabaran dari Kampung Tangguh Nusantara berdasar perintah Panglima TNI dan Kapolri sebagai upaya pencegahan dan penanganan pandemi COVID-19. “Sehat” atau akronim dari Steril, Ekonomi produktif, Harmonis, Asri, dan Tangguh. Kampung Sehat ini resmi beroperasi sejak awal Juni 2020 lalu.

“Kebetulan juga leading sector-nya Kabaharkam Polri. Pelaksanaan Kampung Sehat ini selalu kami analisa dan evaluasi (Anev) setiap bulan bersama Gubernur dan Forkompinda yang lain. Kami selalu memberikan punish and reward bagi daerah yang berprestasi maupun yang buruk dalam menangani dampak pandemi ini,” terang Irjen Pol Mohammad Iqbal.

Lanjutnya, Kampung Sehat Awards ini merupakan bagian dari Anev tersebut, dan merupakan lomba pembuka dari lomba-lomba yang akan digelar setiap bulan hingga Februari 2021 mendatang.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Kabaharkam dan seluruh hadirin yang hadir atas dukungan dan partisipasinya,” ungkap Irjen Pol Mohammad Iqbal.

Berikut nama-nama pemenang Kampung Sehat Awards November 2020:

  1. KAMPUNG SEHAT DESA KEMBANG KUNING, LOMBOK TIMUR
  2. KAMPUNG SEHAT DESA PERNEK, SUMBAWA
  3. KAMPUNG SEHAT DESA MURA, SUMBAWA BARAT

Pada kesempatan itu, Kabaharkam Polri, Komjen Pol Agus Andrianto menyampaikan titipan amanat langsung dari Kapolri dalam rangka Opspus Aman Nusa II-Penanganan COVID-19. Upaya Polri membantu masyarakat menghadapi pandemi. Di antaranya Program Kampung Tangguh Nusantara dan Program Ketahanan Pangan.

Komjen Pol Agus Andrianto mengatakan bahwa sebuah kampung dapat disebut tangguh atau sehat jika mempunyai syarat penerapan protokol kesehatan, keamanan, penerapan sosial ekonomi secara ketat dalam kehidupan ‘new normal’ yang ditetapkan pemerintah. Diantaranya menyiapkan rumah karantina/isolasi lengkap dengan fasilitas penunjang yang dibutuhkan jika ada warga yang terinfeksi, serta memperkuat ketahanan pangan dalam upaya meningkatkan produktivitas masyarakat.

“Tujuan kampung tangguh atau kampung sehat adalah menumbuhkan kesadaran masyarakat dan membangun semangat berasama agar lebih waspada terhadap penyebaran COVID-19,” kata Komjen Pol Agus Andrianto membacakan amanat Kapolri.

Mewakili Kapolri, Komjen Pol Agus Andrianto mengucapkan terima kasih kepada Forkompinda Provinsi NTB, khususnya Kapolda NTB, atas gagasannya melombakan Program Kampung Tangguh Nusantara melalui kegiatan lomba Kampung Sehat yang didukung oleh Gubernur NTB, Danrem 162/Wira Bhakti, Forkompinda Kabupaten/Kota, para tokoh agama, budaya, maupun pemuda, para Kepala Dinas, dan seluruh warga masyarakat NTB.

“Namun, mempertahankan kemenangan lebih sulit daripada memperjuangkannya. Saya sangat berharap bahwa lomba Kampung Sehat ini tidak hanya berhenti sampai di sini saja. Para pimpinan daerah diharapkan mempertahankan upaya-upaya yang telah dilakukan, penerapan protokol kesehatan di tengah-tengah masyarakat melalui penggunaan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan harus terus dijaga secara ketat. Disiplin menerapkan protokol kesehatan merupakan vaksin virus COVID-19,” pesan Kapolri.(red)

Silakan di Share
Facebook
Twitter
Linkedin
Exit mobile version