Suara Birokrasi

Impian Bahtiar Menjadikan Dompak Pulau Buah

Kepri,- Menyadari keindahan Pulau Dompak. Pjs. Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Bahtiar Baharuddin memiliki impian menjadikan Dompak sebagai Pulau penghasil berbagai spesies buah, dan mengimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri untuk berpartisipasi melakukan penghijauan kawasan perkantoran Pemprov Kepri. Hal ini agar lingkungan kerja menjadi asri dan kedepannya bisa menjadi destinasi wisata baru.

“Dompak ini pulaunya indah sekali. Saya berharap langkah kecil yang dilakukan hari ini akan diikuti oleh semua ASN dan akan berdampak besar pada masa mendatang. Impian besar saya, Pulau ini akan kita jadikan pulau buah, dengan beragam spesies buah dari berbagai negara,” kata Bahtiar saat Penanaman Pohon di sekitar Kantor Satpol PP Kepri, Tanjungsiambang, Kamis (05/11).

Kegiatan penanaman pohon melibatkan RT/RW di Dompak. Bahtiar bersama Sekdaprov H.TS. Arif Fadillah dan perwakilan OPD pada kesempatan ini melakukan penanaman secara simbolis 1 batang pohon buah. Pepohonan lainnha yang ditanam, pohon kelapa dan pohon alpukat serta mangga.

Bahtiar menjelaskan manfaat pohon kelapa, diantaranya mencegah abrasi, dan sebagai bahan baku bagi industri pengolahan kelapa yang telah ada di Kota Batam dan Kabupaten Bintan.

“Potensi ini seharusnya kita manfaatkan. Ribuan pulau di Kepri seharusnya bisa ditanam jutaan bahkan milliaran pohon kelapa yang bisa menjadi sumber pendapatan baru masyarakat sekaligus sebagai kegiatan untuk menjaga lingkungan dan menjaga kedaulatan pangan,” jelas Bahtiar.

Penanaman pohon ini disejalankan dengan aktivitas Jalan Santai Pjs. Gubernur bersama Pejabat dan staf serta ASN di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. Aktivitas Jalan Santai bermula dari Jembatan 2 Dompak, menuju ke Kantor Dinas Kebudayaan, dilanjutkan menyusuri belakang Kantor Gubernur dan masuk ke Pemukiman penduduk Tanjungsiambang, dan berakhir di Kantor Satpol PP.

Di area pemukiman Bahtiar menyempatkan diri menyapa masyarakat dan berbagi masker serta memberikan pengetahuan tentang cara pemakain masker yang benar untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Sumber : hmskepri
Editor : Red

Exit mobile version