Home / Nasional / Komisi III DPRD Kepri Tinjau Fasilitas Listrik Warga

Komisi III DPRD Kepri Tinjau Fasilitas Listrik Warga

Karimun – Kebutuhan akan listrik merupakan kebutuhan primer oleh seluruh masyarakat Indonesia. Namun, sebagian masyarakat belum mendapatkan kemerdekaan di dalam menikmati fasilitas listrik yang disediakan oleh negara. Listrik selama 24 jam maupun waktu tertentu

Tercatat, berkisar 1,5 juta rumah tangga di seluruh Indonesia, belum bisa menikmati aliran listrik dari PLN. Wilayah rumah tangga yang belum terbangun akses listrik, mayoritas berada di pelosok dan wilayaj yang sulit terjangkau oleh jaringan listrik PLN.

Di Provinsi Kepulauan Riau. Komisi III DPRD Provinsi Kepulauan Riau dari hasil peninjauannya mendapati sebagian wilayah dan rumah tangga belum mendapatkan fasilitas listrik untuk mendukung aktifitas kehidupan masyarakat, sebagai alat penerangan maupun untuk kebutuhan lainnya.

Dari data yang diterima Komisi III. Sistem kelistrikan di Kepri masih belum memenuhi kebutuhan masyarakat yang berada di pulau-pulau Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T). Kondisi ini perlu menjadikan perhatian serius oleh pemerintah dan semua pihak terkait agar masyarakat di daerah 3T bisa segera menikmati aliran listrik.

Perhatian itu diungkapkan oleh Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Widiastadi Nugroho, saat melakukan inspeksi mendadak (sidak), ke sejumlah daerah di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri.

Saat Sidak, turut serta anggota Komisi III DPRD Kepri, Surya Sardi, Nyanyang Haris P, Yudi Kurnain, dan Samadin Sinaga.

Wilayah tinjauan, salah satunya di Kelurahan Sei Lakam Barat, Kecamatan Karimun, sebagian warga masih ada yang belum teraliri jaringan listrik. Saat itu, Komisi III juga berupaya melakukan koordinasi dan menemukan beberapa faktor masalah untuk di atasi agar warga dapat menikmati aliran listrik.

“Masalah yang dihadapi saat ini, bukan hanya jumlah pembangkitnya yang tidak seimbang dan jaringan transmisi serta distribusi yang sedang dibangun, melainkan juga kemiskinan dan pertambahan konsumen atau rumah baru setiap tahunnya,” jelas Widiastadi Nugroho.

Permasalah ini. Menurut Widiastadi, akan menjadi fokus penyelesaian oleh Komisi III DPRD Provinsi Kepri secara konsisten dan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, agar masyarakat yang termasuk dikawasan kategori kurang mampu mendapatkan fasilitas listrik oleh negara melalui kebijakan pemerintah.

“Kita akan berkoordinasi dengan lintas sektoral. Pada intinya, dari hasil sidak ini banyak melihat dan menerima masukan serta keluhan dari warga. Dan ini yang akan menjadi bekal kita,” jelasnya.

Sumber & Fhoto : Red
Editor : Edy

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin