Home / Anambas / Membangun Laut, Membangun Kesejahteraan di Kepri

Membangun Laut, Membangun Kesejahteraan di Kepri

Batam,- Arah pembangunan Kepulauan Riau seharusnya berpadu dengan Demografi Kepulauan Riau (Kepri) yang terdiri dari 90% lebih wilayah lautan dan wilayah daratannya merupakan bagian dari ribuan gugusan pulau.

Demikianlah visi DR H Muhammad Soerya Respationo SH MH menilai bahwa masyarakat Kepri seharusnya dapat hidup diatas kata sejahtera. Hal ini karena melihat potensi besar yang ada di lautan Kepri. Kekayaan alam laut yang melimpah, baik berupa perikanan, pariwisata, minyak/gas bumi dan mineral dan lainnya.

Soerya Respationo menyadari pentingnya kebijakan oleh pemerintah untuk optimalisasi potensi kelautan Kepri. Untuk itu, Soerya Respationo menjadikan sektor kelautan sebagai salah satu program prioritas, yakni berupa penguatan wilayah kemaritiman, industri, pariwisata dan perdagangan.

Bersama Soerya-Iman. Seluruh pihak terkait dalam program prioritas ini diharapkan memiliki cara pandang untuk mengelola potensi daerah.

Menurut Soerya Respationo, sektor maritim merupakan peluang investasi yang harus terus dikembangkan, dengan melibatkan semua pihak dan juga masyarakat untuk peningkatan ekonomi masyarakat menuju ke arah sejahtera.

“Kita perlu Lebih berfokus dalam pengelolaan secara maksimal potensi kelautan dengan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya sehingga tidak hanya berorientasi potensi di daratan saja,” Jelas Soerya, Kamis (22/10).

Lebih lanjut Soerya menjelaskan setiap kabupaten dan kota di Provinsi Kepri memiliki klaster pengembangan maritim masing-masing, seperti Natuna dengan sektor perikanannya yang menjadi surga bahari. Potensi ini diharapkan dapat mensejahterakan masyarakat melalui kebijakan terpadu.

“Kita harus membangun industri perikanan terpadu, mulai dari pelabuhan/dermaga perikanan, kapal nelayan yang modern, hasil tangkapannya diolah dan bisa di ekspor dan menambah pendapatan daerah,” ujar Soerya.

Lanjut Soerya memaparkan program untuk mencapai visinya melalui sektor kelautan. Yakni, dengan industri kemaritiman yang terintegrasi, dirinya optimis akan membuka kesempatan bagi tenaga kerja lokal dan merangsang pertumbuhan perekonomian masyarakat lebih baik.

Sisi lainnya terletak pada keindahan pantai-pantai di Kepri. Daya tarik pemandangan dan alam pantai yang eksotis, memiliki nilai jual wisata yang sangat tinggi untuk menjadi salah satu tujuan wisata di Indonesia baik dari turis lokal maupun manca negara.

“Oleh karena itu menjadi tugas kita bersama untuk terus membangun dan mengembangkan potensi kelautan kita tentunya dengan tetap menjaga dan kelestarian kekayaan alam Kepri ini,” pungkas Soerya.

Sumber & Fhoto : Istimewa
Editor : Edy

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Bupati Anambas Sampaikan LKPJ Kepada DPRD

Anambas, SB – Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Abdul Haris SH menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban …