Home / Nasional / Pjs. Gubkepri Tekankan Kesuksesan Pilkada Sehat

Pjs. Gubkepri Tekankan Kesuksesan Pilkada Sehat

Pelaksanaan Rapat Kerja Daerah Penguatan SDM Pengawas Pemilu

Kepulauan Riau,- Pjs. Gubernur Kepulauan Riau Bahtiar menghadiri Rapat Kerja Daerah Penguatan SDM Pengawas Pemilu yang diselengarakan Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau di Aula Wan Seri Beni Kantor Gubernur kepulauan Riau, Dompak, Tanjungpinang, Sabtu (17/10).

Rakerda ini diikuti oleh Ketua dan anggota Bawaslu Provinsi Kepri dan Kabupaten Kota serta Panwas Kecamatan Kabupaten/Kota Se-Kepri

Mengawali sambutannya, Bahtiar menyampaikan landasan Pemda mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilu Provinsi maupun kabupaten dan Kota. Yakni, berdasarkan UU Pemilu dan peraturan perundangan turunannya.

“Kewajiban kami sebagai Pemda adalah mendukung pelaksanaan Pilkada ini agar berjalan baik, lancar dan tanpa kendala berarti. Adapun bentuk dukungan tersebut diantaranya dari segi pendanaan, segi personil, bahkan dukungan untuk mensosialisaikan Pilkada yang bebas dari berbgai pelanggaran,” jelasnya.

Pelaksanaan berbagai tahapan Pilkada tahun ini menurut Bahtiar, pada prinsip dasarnya sama dengan pelaksaan pilkada pada tahun-tahun sebelumnya. Yang membedakan pada tahun ini adalah kita melaksanakannya ditengah situasi pandemic Covid-19.

“Pilkada sekarang ini sama prinsipnya dengan pilkada terdahulu baik tahun 2015, 2017, 2018, 2019. Hanya saja pada tahun ini kita ada tugas tambahan untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 ditengah pelaksaan Pilkada,” jelasnya.

Penyelenggaran Pilkada sehat ini merupakan tugas bersama, meliputi KPU dan Bawaslu namun juga aparat hukum baik TNI/ Polri, Kejaksaan dibantu juga oleh Satuan Polisi Pamong Praja.

“Tugas kita semua sekarang saat ini adalah melakukan pencegahan, penanganan dan penegakan hukum bagi pelanggar protokol kesehatan. Oleh karena itu dalam pelaksanaannya baik penyelenggara maupun penegak hukum harus saling koordinasi dan komunikasi agar upaya pencegahan covid ini maksimal,” ucapnya.

Kepada Bawaslu, Bahtiar berpesan agar terus menjalin komunikasi dengan Pemprov Kepri terkait kesulitan pelaksanaan tugas, karena di Provinsi juga mempunyai tim khusus untuk menangani masalah pilkada sehat dengan penerapan protokol kesehatan.

“Di Provinsi saat ini ada tim kami namanya Desk Pilkada. Tim ini juga tersebar di Kabupaten/kota yang langsung diketuai oleh Bupati/ walikota setempat dan terus memantau 1×24 jam. Kerja tim ini adalah memonitor pelaksaan pilkada di daerah. Oleh karena itu jika bawaslu ada kesulitan dilapangan, silahkan berkomunikasi dengan tim ini,” ajaknya.

Di akhir sambutannya, Bahtiar berharap kepada seluruh penyelengara Pemilu, bukan hanya Bawaslu dan KPU tapi juga TNI/Polri, Kejaksaan, Para pengawas pemilu hingga petugas di TPS untuk bersama mewujudkan pilkada sehat 2020.

“Apabila jika kawan-kawan sukses menjalankan tugasnya maka Pilkada juga sukses, kalau pilkada sukses artinya Pjs. juga sukses menjalankan tugas yang dimanahkan oleh Mendagri dalam memimpin Kepri ini” tutupnya.

Adapun sebelum menghadiri Rakerda ini, Bahtiar bersama seluruh tamu undangan mengikuti Apel Siaga dengan Bawaslu Kabupaten/ Kota Serta Panwaslu Kecamatan Se Provinsi Kepulauan Riau di Lapangan Apel Kantor Gubernur Kepulauan Riau, Dompak, Tanjungpinang.

Turut hadir pada kesempatan ini Ketua Bawaslu RI Abhan, Anggota Bawaslu RI Rahmat Bagja serta perwakilan FKPD Provinsi Kepulauan Riau. Dari Provinsi Kepulauan Riau turut hadir Plh. Asisten Ekonomi dan Pembangunan Mariyani Ekowati, Kepala Badan Kesbangpol Linmas Lamidi serta Kepala Dinas Kesehatan M. Bisri serta Jubir Satgas Covid-19 Tjetjep Yudiana.

Sumber & Fhoto : Humas Kepri
Editor : Edy

Tinggalkan Balasan