Site icon Suara Birokrasi

Berbagai Ormas di Rokan Hilir Deklarasikan Tolak Unjuk Rasa Anarkisme dan Pelanggar Prokes

Rohil, SB – Sejumlah elemen masyarakat yang tergabung dalam beberapa Organisasi Masyarakat (Ormas), Paguyuban dari berbagai suku di Kabupaten Rokan Hilir menyatakan dengan tegas menyatakan sikap menentang unjuk rasa yang berbuntut anarkis dan pelanggaran protokol kesehatan serta pengerusakan fasilitas umum serta vandalisme di bumi Melayu lancang kuning. Khususnya, Rokan Hilir.

Hal ini disampaikan dalam kegiatan apel bersama gerakan menolak anarkisme dan pelanggaran protokol kesehatan berlangsung di halaman Kantor BPKAD Pemkab Rohil, Jalan Merdeka, Bagansiapiapi, Jumat, 16 Oktober 2020 pagi.

Deklarasi menolak unjuk rasa anarkisme dan pelanggar protokol kesehatan dihadiri Kapolres Rokan Hilir AKBP Nurhadi Ismanto, SH.SIK, kemudian Pj Bupati Rokan Hilir Rudiyanto diwakili Pjs Sekda Rohil M Job Kurniawan, Ketua DPRD Maston, Dandim 0321 Rohil Letkol Arh Agung Rahman Wahyudi SIP. MI.Pol, Kajari Rohil Gaos Wicaksono,SH. MH, Danyon B Pelopor Manggala Junction Kompol Dodi Wira Wijaya, SIK.

Kemudian para PJU Polres Rohil, Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais, SH. Pejabat Tinggi Pratama Pemkab. Rohil. Ketua LAM Rohil Rasyid Abizar, Personil TNI/Polri, OKP, GP Ansor, GEBU Minang Rohil, Puja Kesuma Rokan Hilir, Pemuda Batak Bersatu Rohil, Pemuda Bugis Rohil, Reog Kusumo Budoyo Bagansiapiapi, LAM Rokan Hilir, Multi Marga Bagansiapiapi dan Mahasiswa / Pelajar Pondok Pesantren dan Siswa/i Pramuka serta para undangan lainnya.

“Kami dari Lembaga adat yang dituakan mengajak terhadap elemen masyarakat Rokan Hilir untuk bersama-sama menjaga situasi keamanan, hindari dalam penyampaian aspirasi masyarakat untuk tidak anarkis, gunakan dengan hati yang sejuk dan damai,”kata Ketua Lembaga Adat Melayu Riau, Rasyid Abizar.

“Gunakan masker setiap saat agar terhindar dari penyebaran virus Covid 19), dan dalam kegiatan ini mari kita dukung bersama sama demi keamanan kita bersama agar Kabupaten Rokan Hilir selalu aman dan kondusif.

“Kita menghimbau, kiranya bersama sama menjaga, menyejukan wilayah kita khususnya Kabupaten Rokan Hilir dan kami juga mengajak untuk tidak melakukan kegiatan anarkis pada saat aksi unras, dengan situasi virus corona saat ini, mari kita bersama sama menjaga untuk menghindari kerumunan,” imbuh dia.

Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto SH.S.I.K di dampingi Kasubag Humas Polres Rohil AKP Juliandi SH, mengatakan, kegiatan ini dalam rangka menjaga situasi Kamtibmas di Kabupaten Rokan Hilir agar selalu aman dan kondusif tidak terpancing isu-isu yang tidak bertanggung jawab serta hoax.

Aksi unjuk rasa di Jakarta bilangnya banyak terjadi penyimpangan yang di tunggangi oknum yang tidak bertanggung jawab sehingga berdampak pada kegiatan anarkis. “Jangan sampai ini terjadi di Kabupaten Rokan Hilir. Kita harus saling menjaga kondusifitas daerah,” ujarnya.

Diharapkan penyampaian aspirasi melalui kegiatan unjuk rasa bisa dilakukan dengan cara damai, tentram dan menjaga kondusifitas Kamtibmas, katanya seraya menambahkan. (rls/man)

Exit mobile version