Home / Tanjungpinang / Soerya Respationo Bersama Parsahutaon Se-Tanjungpinang

Soerya Respationo Bersama Parsahutaon Se-Tanjungpinang

Tanjungpinang – Diperkirakan lebih dari 9000 suara masyarakat Batak di Kota Tanjungpinang. Setiap masyarakat batak berkumpul dalam kelompok wilayah yang sering disebut Parsahutaon atau Perkumpulan Kampung.

Jumlah masyarakat batak itu diungkapkan oleh Ketua Harian Parsahutaon masyarakat batak Se-Kota Tanjungpinang saat melangsungkan acara silahturahmi bersama Calon Gubernur Provinsi Kepulauan Riau dari pasangan nomor urut 1 (satu) DR H Muhammad Respationo, pada jumat malam, (09/10/2020) di Rumah Makan Suka Ramai, KM.5 Tanjungpinang.

Saat itu, pemilik program Pemulihan Ekonomi Kepulauan Riau itu didampingi Tim Kampanye SInergi Kepri DR Indra Gunawan bersama anggota DRPD Kepri H Lis Darmansyah dan rombongan partai pengusung juga partai pengusung serta relawan.

Penyampaian SO Simangunsong selaku ketua harian, bahwa masyarakat Batak menyatakan mendukung Soerya-Iman untuk menjadi Kepala Daerah Provinsi Kepulauan Riau. Ucapan dukungan itu disambut dengan tepuk tangan oleh sekitar 50-an tamu yang hadir dan perwakilan Parsahutaon masyarakat batak.

“Pak Soerya, kami di sini, masyarakat Batak Tanjungpinang telah sepakat untuk mendukung Pak Soerya Respationo dan Pak Iman Sutiawan di Pilkada Kepri, agar menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri,” tegas Ketua Parsahutaon Masyarakat Batak Tanjungpinang, S.O Simangunsong, dalam sambutannya.

Selanjutnya Mangunsong menjelaskan singkat bagaimana orang Batak hingga memutuskan untuk menentukan pilihan kepada Paslon SInergi. Menurut Mangunsong, pernyataan dukungan diputuskan melalui proses panjang.

Awalnya, dengan membentuk komunitas Parsahutaon Masyarakat Batak Tanjungpinang. “Dan, saya sendiri disepakati sebagai ketuanya,” katanya.

Sebenarnya, orang batak di Tanjungpinang punya organisasi resmi yaitu Rumpun Batak Bersatu ( RBB). “Namun pengurusnya rata-rata ASN, Pak Soerya. Makanya, diputuskan untuk membentuk komunitas Parsahutaon ini,” ujar Mangunsong.

Setelah itu, dilakukan musyawarah dengan melibatkan para pengurus dan tokoh-tokoh masyarakat dari parsahutaon-parsahutaon (perkumpulan) orang batak yang ada di Tanjungpinang.

“Dan, akhirnya diputuskan, dan kami masyarakat batak Tanjungpinang sudah sepakat mendukung Bapak Soerya dan Bapak Iman di Pilkada Kepri 2020,” ucap Mangunsong.

Ia menyebutkan, dari pendataan di internal Parsahutaon, bahwa jumlah warga batak di Tanjungpinang berkisar 3.900 kepala keluarga (KK). “Yang keseluruhan berjumlah kurang lebih 9.000 jiwa, dan semuanya sudah satu suara mendukung Pak Soerya dan Pak Iman di Pilgub Kepri,” terang Mangunsong.

Bahkan Terhadap dukungan ke Paslon SInergi, kata Mangunsong, pihaknya telah menyampaikan pilihan tersebut ke seluruh masyarakat batak melalui surat resmi dari pengurus Parsahutaon.

“Harapan kami, semoga Pak Soerya dan Pak Iman terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Kepri,” katanya, yang disambut tepuk tangan dan seruan meriah.

Hingga berita ini diturunkan, acara masih berlangsung, ada paparan visi – misi dan program kerja, serta sesi tanya jawab.(red)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Wakil Ketua I DPRD Kepri Rakor Bersama Presiden Melalui Vidcon

TANJUNGPINANG –Wakil Ketua (Waka) I DPRD Kepulauan Riau Dra Hj Dewi Kumalasari Ansar MPd mengikuti …