Home / Anambas / Soerya Respationo Paparkan Misi Kelautan Perikanan

Soerya Respationo Paparkan Misi Kelautan Perikanan

Batam,- Pasangan Calon Nomor Urut 1 Pilgub Kepulauan Riau, DR H Muhammad Soerya Respationo SH MH dan H Iman Sutiawan SE MM memiliki misi untuk membangun sektor perikanan secara terfokus. Pembangunan terpadu sektor potensial yang luasnya melebihi 90 persen wilayah Kepri ini, dinilai sangat penting untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kepri.

Misi itu diungkapkan oleh Calon Gubernur Kepulauan Riau DR H M Soerya Respationo SH MH kepada perwakilan nelayan Kota Batam yang bersilahturahmi ke kediamannya di Perum Duta Mas, Batam, Senin (05/10).

“Salah satu misi kita adalah untuk membangun dan mengoptimalkan kemaritiman. Konkritnya lagi, ada galangan kapal, ada perikanan, juga industri perikanan terpadu,” kata Soerya Respationo.

Konsep industri perikanan terpadu, dijelaskan Soerya, dimulai dari berbagai pembenahan dan penataan serta modernisasi yang dimulai dari pelabuhan perikanan, armada kapal perikanan, peralatan tangkap nelayan, hingga pembangunan pabrik-pabrik ikan.

Melalui program pembangunan dan pengembangan kemaritiman. Lanjut Soerya menjelaskan akan adanya penataan dalam industri kelautan. Selain itu, pemerintah juga akan menjamin harga jual hasil tangkapan nelayan, juga melepaskan diri para keluarga dan kelompok nelayan dari para tengkulak.

“Dalam industri perikanan terpadu itu, mulai dari pelabuhan perikanan, armada kapal perikanan dan alat tangkap perikanan akan dimodernisasikan, dan juga dilengkapi freezer. Hasil tangkapan nelayan kita jamin dan tidak ada lagi nelayan yang dikendalilan tengkulak” ujar Soerya.

Industri perikanan modern, menurutnya akan didukung dengan pembangunan pabrik-pabrik ikan sebagai bagian dari program industri perikanan terpadu. Produksi ikan kita targetnya menjadi komoditi ekspor.

“(Setelah dimodernisasi) kemudian kapal ikan milik nelayan bergerak ke mana-mana untuk nagkap ikan, dan hasil tangkapan ikan para nelayan di tampung di pabrik-pabrik ikan untuk selanjutnya proses produksi hingga ekspor,” papar Soerya Respationo.

Paparan konsep pembangunan sektor kelautan dan perikanan yang dipaparkan oleh Cagub Kepri Soerya Respationo mendapatkan perhatian dari para nelayan. Awang selaku perwakilan nelayan kota batam tampak optimis untuk ikut mendukung terwujudnya Kepri Maju di Sektor Kelautan dan Perikanan. Dirinya menyatakan dukungannya kepada Soerya – Iman agar dapat berkonstribusi sebagai langkah awal untuk terwujudnya kesejahteraan nelayan di era Soerya – Iman sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri, nantinya.

“Terima kasih karena telah menerima kami dan sudi menjelaskan kepada kami secara langsung tentang misi bapak untuk membangun sektor kelautan perikanan yang berhubungan erat dengan mata pencaharian kami,” ucap Awang mengakhiri perbincangan.
Sumber & fhoto : istimewa
Editor : EED

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Wabup Anambas : Waspada Varian Baru Covid-19

Anambas, SB – Kepolisian Resort Kabupaten Kepulauan Anambas menggelar apel operasi Ketupat Seligi tahun 2021 …