Site icon Suara Birokrasi

Alhamdulillah, Kabupaten Anambas Akhirnya Bisa Nikmati Sinyal 4G

Deputi Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi dan Aparatur Kemenkopolhukam Marsekal Muda TNI Rus Nurhadi Sutedjo

Anambas, SB – Pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Anambas terus berupaya meningkatkan layanan akses telekomunikasi di Kabupaten Kepulauan Anambas. Hal tersebut dibuktikan dari koordinasi yang dilakukan Pemkab Anambas dengan Pemerintah Pusat dan juga dengan pihak Provider penyedia layanan akses telekomunikasi.

Upaya yang dilakukan Pemkab Anambas akhirnya mulai terjawab. Keseriusan Pemerintah Kabupaten Anambas guna mendorong pemerataan akses telekomunikasi di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas yang memiliki 3 wilayah pulau besar yang terpisah-pisah dengan jumlah penduduk yang cukup ramai seperti Pulau Jemaja, Pulau Siantan dan Palmatak akhirnya dapat menikmati fasilitas jaringan 4G.

Untuk mendapatkan layanan jaringan 4G, Pemerintah Pusat telah membangun jaringan Tulang Punggung / Kabel FO bawah laut (Palapa Ring Barat) yang salah satunya terhubung di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Bupati Anambas Abdul Haris (kanan) bersama Deputi Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi dan Aparatur Kemenkopolhukam Marsekal Muda TNI Rus Nurhadi Sutedjo (tengah) sedang berdiskusi dengan Andi Suapril manajer NSA area Kepri,

Dengan memanfaatkan banckbone PRB teknologi tersebut, kini beberapa wilayah di Kabupaten Kepulauan Anambas sudah mulai terlihat peningkatan kualitas layanan akses telekomunikasi (sinyal 4G Telkomsel) yang diantaranya, Kecamatan Siantan, Siantan Tengah, Palmatak, Kute Siantan, Jemaja dan Jemaja Timur. Meski demikian, masih terdapat sejumlah lokasi yang belum terakomodir akses telekomunikasi sehingga akan menjadi pekerjaan rumah kedepannya guna menjangkau lokasi – lokasi tersebut sehingga pemerataan akses telekomunikasi benar dapat dirasakan oleh masyarakat secara merata.

Guna menyaksikan secara langsung peningkatan akses telekomunikasi yang telah terealisasi di Kabupaten Kepulauan Anambas, Deputi Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi dan Aparatur Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) Melakukan Kunjungan Kerja di Kabupaten Kepulauan Anambas, Selasa, (22/09/20).

Selain itu, turut hadir dari pihak PT. Telkomsel, Andi Suapril manajer NSA area Kepri, Dirut PT. Palapa Ring Barat, Syarif lumintarjo, GM Telkom Rikep Kepri, Munawwir dan PT. Mora Telematika Indonesia yang mendukung dalam pembangunan dan peningkatan akses telekomunikasi di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Adapun sejumlah lokasi yang yang akan dikunjungi diantaranya Kecamatan Palmatak, Kute Siantan, Jemaja dan Jemaja Timur dengan melakukan peninjauan secara langsung di lokasi pembangunan tower dan pegelaran kabel akses telekomunikasi di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH mengucapkan ribuan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam upaya peningkatan akses telekomunikasi di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Karena hadirnya akses telekomunikasi dengan memanfaatkan Palapa Ring Barat di Kecamatan Kute Siantan dan Palmatak ini tidak lepas dari dukungan kita bersama, melalui dukungan inilah Telkom dan Telkomsel hadir di Pulau Matak dengan membangun kabel Serat Optik dari Desa Tebang menuju Desa Payalaman dan di kelurahan Letung sampai ke Jemaja Timur “, sebut Abdul Haris, SH.

Ia menambahkan, bahwa dengan kehadiran layanan akses telekomunikasi dengan sinyal 4G diwilayah perbatasan khususnya Kabupaten Kepulauan Anambas merupakan suatu harapan Masyarakat dan Pemerintah Daerah sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam berkomunikasi dan mendapatkan informasi.

Deputi Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi dan Aparatur Kemenkopolhukam Marsekal Muda TNI Rus Nurhadi Sutedjo beserta rombongan tiba di Anambas

“Sinyal 4G ini merupakan harapan Masyarakat dan Pemerintah Daerah. Hal ini guna memudahkan Kami untuk mendapatkan informasi dan berkomunikasi. Semoga nantinya, semua Desa, Dusun dan di Pelosok Kabupaten Kepulauan Anambas dapat menikmati sinyal 4G, maka permasalahan sinyal tidak lagi menjadi persoalan bagi masyarakat”, harapnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi dan Aparatur Kemenkopolhukam Marsekal Muda TNI Rus Nurhadi Sutedjo menyebutkan bahwa Kemenkopolhulkam Bidang Koordinasi Kominfotur sangat memiliki konsen yang baik untuk mendukung dari Nawacitanya Presiden RI untuk meningkatkan pembangunan akses yang ada di daerah 3T khususnya, dalam hal ini Kabupaten kepulauan Anambas merupakan daerah yang strategis yang berbatasan dengan beberapa negara, oleh karena itu perlu diperkuat akses telekomunikasi tujuannya adalah untuk mensejahterakan masyarakat dan juga akses kedaulatan telekomunikasi di wilayah 3T tersebut,” paparnya.

Ia menambahkan, agar masyarakat selalu bijak dalam bersosial media baik dalam menerima maupun menyampaikan informasi sehingga akses telekomunikasi tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik”, tandasnya. (Nd*)

Exit mobile version