Home / Riau / Hari Raya Idul Adha, DLH Rohil Akan Sembelih 7 Ekor Sapi
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rokan Hilir, Swandi S.Sos.

Hari Raya Idul Adha, DLH Rohil Akan Sembelih 7 Ekor Sapi

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rokan Hilir, Swandi S.Sos.

Rohil, SB – Tahun ini Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) akan melaksanakan penyembelihan hewan qurban pada perayaan Idul Adha tahun ini tepatnya pada tanggal 2 Agustus mendatang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis DLH) Kabupaten Rokan Hilir Suwandi, S.Sos menyebutkan, sebanyak 7 ekor sapi akan disembelih. 5 ekor hewan qurban tersebut berasal dari iuran ASN. Sedangkan 2 ekor lagi adalah sumbangan dari kelompok keluarga.

“Makanya pada hari ini kami membentuk panitia dan menentukan siapa siapa yang bertugas pada saat penyembelihan hewan qurban tersebut,” terang Suwandi.

Penyembelihan hewan qurban tersebut, kata Suwandi, nantinya akan di pusatkan di halaman kantor DLH, yang berlokasi disekitar komplek perkantoran Batu Enam. Penyembelihan hewan qurban tersebut nantinya juga akan disaksikan oleh Bupati Rokan Hilir, H Suyatno.

“Jadi nanti kalau Bapak Bupati H Suyatno berkenan hadir, kami undang beliau untuk hadir dan menyaksikan sama sama penyembelihan hewan qurban ini,” katanya kepada sejumlah awak media di sela sela rapat pembentukan panitia qurban.

Pada kegiatan ritual keagamaan tersebut nantinya pihaknya juga akan tetap mengikuti protokol kesehatan, sehingga seluruh panitia, tamu undangan dan seluruh penerima daging qurban wajib menggunakan masker.

“Kita cek suhu tubuh nya, kemudian kita siapkan tempat cuci tangan mereka, kita sesuaikan dengan anjuran pemerintah untuk protokol kesehatan,” imbuhnya.

Daging qurban yang sudah disembelih itu nantinya akan dibagikan kepada seluruh petugas dinas kebersihan di lapangan se Kecamatan Bangko. Kemudian, selebihnya daging qurban tersebut akan diberikan kepada pihak yang berhak menerimanya, seperti Panti Asuhan dan lainnya.

Namun, kata Suwandi menambahkan, pembagian daging qurban tersebut lebih diprioritaskan kepada para petugas kebersihan lapangan.

“Kami tadi sudah melakukan pendataan, jumlahnya lebih kurang 1.200 orang penerima. Alhamdulillah ini yang perdana,” katanya.

Sebelumnya Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Rokan Hilir telah membentuk Arisan. Niat ini disambut baik oleh seluruh ASN di lingkungan kantor Dinas Lingkungan Hidup.

“Jadi selama satu tahun mereka (ASN) mengumpulkan uang dari hasil gaji dan pendapatan lainnya. Selanjutnya dikelompokkan sesuai dengan kemampuan masing masing, sampai panitia qurban terbentuk hingga terlaksana dengan baik,” ujarnya. (man)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Polsek Panipahan Bersama Syahbandar Kompak Sosialisasikan Protkes

Rohil, SB – Menjelang new normal, Polsek Panipahan bersama Syahbandar kompak menggelar penegakan disiplin antisipasi …