Home / Riau / Pemkab Rohil Siapkan Dana Untuk Masyarakat Terdampak Covid-19
Tengah Kadiskominfotik Rohil Hermanto, S.Sos.

Pemkab Rohil Siapkan Dana Untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Tengah Kadiskominfotik Rohil Hermanto, S.Sos.

Rohil, SB – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) telah memastikan menyiapkan  sejumlah  anggaran guna membantu  masyarakat ekonominya yang terdampak pendemi Covid-19. Demikian hal itu disampaikan oleh Pelaksana tugas (Plt) Kadis Kominfotiks Kabupaten Rokan Hilir, Hermanto, S.Sos di ruang Media Center Gugus Tugas Tanggap Covid-19, Mes Datuk Batu Hampar, Kamis 3 April 2020 petang.

Sejumlah dana yang disiapkan kata Hermanto bersumber dari pemangkasan anggaran dari beberapa kegiatan Pemerintah, seperti belanja aparatur dan kegiatan bimbingan teknik (Bintek) dan sosialisasi yang betsifat menghimpun orang banyak pada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Berdasarkan data yang dimiliki Pemkab Rohil, yakni warga yang menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) berjumlah lebih kurang 16.000 Kepala Keluarga (KK). Namun disebabkan banyaknya masyarakat yang tidak dapat memperoleh penghasilan, kata Hermanto lagi maka warga yang terdampak dari pencegahan Covid-19 ini akan melebihi dari angka diatas.

Adapun dana yang dihimpun dari pemangkasan anggaran dan penundaan kegiatan Pemkab Rohil, selain digunakan untuk mengadakan alat-alat kesehatan, Alat Pelindung Diri (APD) serta barang logistik lain yang diperlukan dalam mencegah terjangkitnya penularan Covid-19 serta pengadaan paket sembako yang akan dibagikan kepada masyarakat terdampak dari penyebaran Corona Virus.

Sedangkan kriteria keluarga yang akan mendapatkan bantuan, lewat pendataan akan dilakukan oleh masing-masing Lurah ataupun Kepenghuluan dengan memberdayakan Ketua RT. Sebab, masing-masing Ketua RT lebih mengetahui kondisi perekonomian warganya.

“Semakin cepat Kelurahan atau Kepenghuluan dalam melaksanakan penjaringan warganya yang patut dan layak untuk menerima bantuan, maka semakin cepat pula bantuan untuk masyarakatnya disalurkan,” katanya.

Sedangkan mekanisme pendistribusiannya kata Hermanto menambahkan, akan dikelola langsung oleh Dinas Sosial (Dinsos) ke-Kelurahan atau ke- Kepenghuluan yang ada dimasing-masing kecamatan.

Melalui Dinas Kominfotik setempat  Bupati Roka Hilir H Suyatno AMp pun mengimbau agar masyarakat untuk tetap disiplin dan mendukung imbauan Pemerintah agar tidak membuat keramaian  dan berkumpul guna memutus mata rantai penyebaran Coronsvirus (Covid-19).

Dengan mewabahnya Virus Covid-19 saat ini diperlukan adanya satu visi misi serta satu gerakan “Diam di Rumah”. Bahwa diam di rumah, masyarakat mengkarantina diri dengan berdiam di rumah merupakan langkah melindungi keluarga agar tidak terinfeksi  Covid-19,” umbarnya.

Menurutnya tindakan yang paling mudah dan efektif melawan pandemi Covid-19, antara lain adalah jangan panik serta berkeliaran keluar rumah, namun tetap waspada.

Dengan sering-sering melakukan cuci tangan dengan menggunakan sabun serta batuk maupun bersin secara beretika tidak memegang muka, hidung, mulut dan mata serta tetat menjaga jarak (cocial distancing) aman minimal 1 meter.

“Jaga jarak, tak usah pelak-peluk, cipika-cipiki, salam-salaman, tos-tosan. Pakai cara sapaan yang lebih aman, dadah-dadah dari jauh kalau sama temen atau tempel tangan kanan ke dada kiri sambil menganggukan kepala kalau sama yang lebih tua,” imbuhnya lagi.

Hal lain yang perlu dihindari diantaranya adalah nonton konser, pertunjukan teater, pertandingan bola, konser dangdut, atau acara apapun itu seperti pergi ke museum, pameran, bioskop, klub malam, karaokean atau tempat ngumpul-ngumpul yang banyak orang.

Kemudian tidak usah ikutan arisan, kondangan, pesta ulang tahun, kegiatan ibadah serta hindari berpergian yang menggunakan bus, travel, kapal feri, kereta api maupun kendaraan umum lainnya,”

“Dengan ikut serta dalam gerakan ini, berarti Anda menutup kemungkinan penularan, minimal ke diri Anda sendiri dan orang yang anda kasihi. Anda juga membantu menjaga agar virus tidak menyebar ke mana-mana, terutama kepada orang berisiko tinggi yang bisa kena gejala parah dari Coronavirus”  pungkasnya.

Jika Anda masih sayang kepada diri sendiri, pacar, suami, istri, anak, bapak, ibu dan lainnya lalukan hal ini dan bagikan kepada teman dan keluarga Anda.

Masyarakat juga diminta untuk lebih meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, melalui pengawasan dan pemantauan bersama terhadap masyarakat di lingkungan sekitar, yang mengalami gejala-gejala seperti demam, batuk, sesak nafas dan ada riwayat baru bepergian dari luar negeri.

“Terhadap temuan gejala di atas agar dapat melaporkan kepada petugas kesehatan surveilans di Puskesmas terdekat dan upayakan menghindari tempat-tempat keramaian serta bepergian bila tidak terlalu penting,” ujarnya. (rls/man)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Polsek Panipahan Bersama Syahbandar Kompak Sosialisasikan Protkes

Rohil, SB – Menjelang new normal, Polsek Panipahan bersama Syahbandar kompak menggelar penegakan disiplin antisipasi …