Home / Nasional / Gustu Covid-19 Kepri, Rapat Persiapan Operasional RSK Infeksi

Gustu Covid-19 Kepri, Rapat Persiapan Operasional RSK Infeksi

 

Suarabirokrasi.com, Tanjungpinang,-Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID 19 H TS Arif Fadillah berkomitmen mendukung operasional RS Khusus Infeksi di Galang, sebagai rumah sakit rujukan nasional, dan sesuai standar. Kesiapan ini sangat penting. Menurut Arif, sebab tampungan rumah sakit berasal dari berbagai wilayah di tanah air. Saat ini, kesiapan nyaris 100 persen, meliputi infrastruktur, alat medis, sarana prasarana dan tenaga medis sumber daya manusia.

“Gugus Tugas juga akan terus berkoordinasi, memenuhi kekurangan terkait operasional nanti. Secara bertahap, akan terus berkoordinasi dengan semua pihak. Hanya dengan koordinasi yang baik inilah, kita akan terus melawan pandemi corona dari wilayah Kepri,” kata TS Arif Fadillah saat menggelar Rapat Persiapan Operasional RS Khusus Infeksi Galang di Makodim 0316 Batam, Jum’at (27/3).

Pernyataan Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak pada saat rapat, juga menyatakan komitmennya memback-up anggaran melalui kebijakan di dewan.

” Karena ini sifatnya urgent, bisa siapkan anggaran tambahan lain guna mendukung kerja Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID 19″kata Jumaga.

Kerjasama dukungan juga dinyatakan oleh Danrem 033 Wira Pratama Brigjend Gabriel Lema, dan menekankan semua pihak bekerjasama sesuai prosedur yang ditetapkan.

“Kita semua harus benar-benar satu langkah dalam memberikan pelayanan pasca nanti beroperasi. Karena sebagai rumah sakit rujukan nasional, pasien yang datang bisa dari mana-mana.” kata Gabriel mengenai rencana pembukaan Rumah Sakit.

Menurutnya, sejak 8 Maret dan sejauh ini, pengerjaan mencapai 78 persen.  Rencana awal RS Infeksi Galang  akan diopersionalkan  Sabtu  tanggal 28 Maret. Namun keputusan pembukaan  ada di Panglima TNI dan Kapolri.

Pada saat rapat, Kepala Dinas Kesehatan Kepri Tjejep Yudiana menjelaskan detil RS Infeksi Galang. Fasilitasnya berupa ruang observasi dan isolasi.

“Termasuk sarana pendukung untuk tenaga medis, ruang farmasi, radiologi, gizi, hingga laundry. Tidak itu saja, RS Infeksi Galang juga dilengkapi dengan landasan helipad.” jelas Tjetjep

Lokasi rumah sakit berada di bekas kamp pengungsi Vietnam. RS rujukan memiliki 340 kamar untuk observasi dan 20 kamar isolasi. Ruang Isolasi yang dibangun adalah ruang isolasi berstandar ICU. Fasilitas pendukung juga disiapkan. Termasuk fasilitas sepesialis sebagai penunjang operasional pelengkap rumah sakit. (Red)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Dugaan Aliran Uang, Saksi TPK KPBPB Bintan Mangkir Panggilan KPK

“KPK mengingatkan kepada pihak-pihak yang telah dan akan dipanggil untuk kooperatif hadir memenuhi panggilan tim …