Home / Riau / Bupati Rohil Sebut Kadis DLH Kreatif Tangani Sampah
Bupati Rohil H Suyatno didamping Ketua DPRD Maston dan Kadis DLH Suwandi, S.Sos melihat sampah daur ulang menjadi bahan kerajinan.

Bupati Rohil Sebut Kadis DLH Kreatif Tangani Sampah

Bupati Rohil H Suyatno didamping Ketua DPRD Maston dan Kadis DLH Suwandi, S.Sos melihat sampah daur ulang menjadi bahan kerajinan.

Rohil, SB – Bupati Rokan Hilir H Suyatno membuka secara resmi peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tingkat Kabupaten Rokan Hilir tahun 2020. Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat, Rabu 11 Maret 2020.

Kegiatan yang mengusung tema “Indonesia Bersih, Indonesia Maju, Indonesia Sejahrerah” itu juga dihadiri Ketua DPRD Rokan Hilir Maston dan seluruh jajaran Forkopimda, seluruh kepala SKPD di lingkungan Pemkab Rohil.

H Suyatno, dalam sambutannya secara pribadi menilai, sampah khususnya di Kota Bagansiapiapi, terlihat semakin hari semakin tampak bersih sehingga masyarakat Bagansiapiapi memberikan penilaian yang positif terhadap Pemkab Rohil.

Kendati pun sesekali ditemui tumpukan sampah yang tidak diangkut. Tetapi, setelah dilakukan koordinasi, ternyata semuanya ada petugas bagian pengangkut, kata H Suyatno, seraya memuji kinerja Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rokan Hilir Suwandi, S.Sos.

Menurut Bupati H Suyatno hal ini tidak terlepas dari Kepala Dinas DLH yang sangat kreatif dalam menata tataruang kota, sehingga tampak lampu-lampu warna-warni menghiasi ruas jalan di sudut sudut kota sehingga di malam hari Kota Bagansiapiapi dan sekitar komplek perkantoran batu enam terlihat semakin rapi dan apik pada malam hari.

“Saya tidak akan pindahkan Pak Wandi dari Dinas Lingkungan Hidup, selagi saya masih jadi bupati,” kata Bupati H Suyatno dalam sambutannya.

Menurut bupati, hal itu bukan tampa alasan. Sebab, mencari sosok seperti Suwandi, S.Sos yang  tampa pamrih, bekerja siang dan malam serta tidak kenal lelah dalam menjalankan tugas-tugasnya selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup untuk menata ruang kota sehingga puluhan sekolah di Rohil mendapatkan piagam Adiwiyata.

“Saya bukan berbicara karena dihadapan Pak Wandi, tetapi saya bicara realitas,” katanya.

H Suyatno memerintahkan agar sepanjang jalan menuju taman budaya segera dipasangi lampu yang menyerupai kubah masjid.

Hal itu dilakukan Pemkab Rohil dalam rangka menyambut pelaksanaan MTQ ke- 40 tingkat provinsi Riau yang akan berlangsung pada tahun 2021 mendatang. Pemkab Rohil menargetkan sebelum bulan Ramadhan tiba, proyek pemasangan lampu-lampu hias tersebut sudah dapat terselesaikan dengan baik.

“Berkali-kali saya sampaikan, agar semua OPD dan Dinas, sudah membuat program persiapan dalam rangka menyambut MTQ. Saya minta seluruh Kantor OPD dan  Dinas agar membuat gerbang bercorak MTQ tahun 2021. Sedangkan pola dan model seutuhnya diserahkan kembali kepada OPD masing-masing.

Selain lampu lampu hias, Pemkab Rokan Hilir  juga akan menjadikan hutan kota sebagai hutan strategis. Semua harapan itu seluruhnya diserahkan kepada Suwandi, S.Sos selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup, yang dianggap mampu sehingga proses lelang segera dilakukan secepat mungkin.

Diharapkan dengan adanya lampu lampu hias berbagai corak dan warna ini diharapkan nantinya para tamu yang datang berkunjung ke Kota Bagansiapiapi akan melihat keindahan kota di malam hari.

“Kerja keras kita mulai bulan Januari 2021. Kita harus kerja keras dalam menyongsong tuan rumah MTQ tingkat provinsi Riau, yang sudah dipercayakan oleh bapak gubernur Riau, sebagai tuan rumah MTQ ke 40 tahun, setelah Kabupaten Pelalawan,” pungkasnya. (man)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Seluruh Tahanan Polsek Kubu di Tes HIV/AIDS

Rohil, SB – Polsek Kubu Polres Rokan Hilir melakukan tes HIV/AIDS terhadap seluruh tahanan dalam …