Home / Bintan / Komisi I Tinjau KEK Galang Batang

Komisi I Tinjau KEK Galang Batang

Suara Birokrasi.com, Kepri,- Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) meninjau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang Bintan dan PT BAI, Kamis (13/2).

Meninjau KEK Galang Batang, Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kepri, Bobby Jayanto, S.IP menilai, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Bintan ini memberikan dampak baik pada ekonomi di Bintan secara umum dan masyarakat sekitar khususnya, salah satunya menyerap tenaga kerja yang banyak.

“Sejumlah fasilitas seperti perumahan, jalan dan mushala akan dibangun nantinya,” tutur Bobby, Rabu (13/2).

Dalam kunjungan, Bobby didampingi Wakil Ketua 3 DPRD Kepri, dr Afrizal Dachlan dari Fraksi NasDem. Di lokasi, pihak KEK Galang Batang memberikan paparan cara mengurus perizinan di kawasan ekonomi khusus tersebut. Selain itu juga ada paparan tentang dampak pertumbuhan ekonomi hasil kajian konsultan Internasional Frost dan Sullivant.

Pihak KEK Galang Batang memaparkan rencana pembangunan industri refinery (kilang minyak) dan smelter (pabrik peleburan) akan memberikan kontribusi kumulatif dampak pertumbuhan ekonomi sebesar US $8,67 milyar untuk jangka waktu 15 tahun ke depan atau pertumbuhan ekonomi US $ 578 juta pertahun.

“Kemudian pembangunan industri ini akan menghasilkan pemasukan negara melalui pajak rata-rata US & 48,1 juta pertahun.” ungkapnya.

Dengan beroperasinya pabrik, akan berpotensi membuat penghematan pada biaya impor, peningkatan produksi aluminium dan meningkatkan pendapatan rumah tangga.

Dampak pembangunan industri ini juga meningkatkan akses ke pelayanan kesehatan, pendidikan dan mengurangi kesenjangan pendapatan.(red/dk/adv/parlemen)

Tinggalkan Balasan