Site icon Suara Birokrasi

Desa Mubur Tuan Rumah MTQ Perdana Tingkat Kecamatan Siantan Utara

Bupati Anambas Abdul Haris saat memukul Gong tanda dibukanya acara MTQ

Anambas, SB – Desa Mubur salah satu dari 3 desa di Kecamatan Siantan Utara yang baru beberapa bulan yang lalu dimekarkan menjadi sebuah Kecamatan.
Karena sebagai pusat Kecamatan, Desa Mubur ditunjuk sebagai tuan rumah MTQ perdana tingkat kecamatan Siantan Utara tahun 2020.

Menurut ketua pelaksana kegiatan Aryadi yang sehari – hari menjabat sebagai kepala Desa Mubur, untuk persiapan MTQ pertama tersebut Ia menyiapkannya sebulan penuh dan anggaran kegiatan berasal dari anggaran belanja desa dan kecamatan.

“Untuk persiapan kegiatan MTQ ini satu bulan penuh kami menyiapkannya bersama masyarakat dan juga pihak sekolah mulai dari SD s/d SMA se kecamatan Siantan Utara. Untuk itu saya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat dan bapak/ibu kepala sekolah yang telah turut membantu dan mendukung kegiatan MTQ ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Aryadi mengatakan, bahwa sumber dana kegiatan ini yaitu bersumber dari anggaran belanja desa dan kecamatan.

”Anggarannya dari Dana Desa dan juga Anggaran Kecamatan,” jelas Aryadi.

Adapun tema dari kegiatan MTQ tingkat kecamatan Siantan Utara pertama adalah “Wujudkan Al-Qur’an sebagai spirit generasi muslim yang inovatif dan barakhlatul kharimah”.

Adapun Peserta/Khafilah sebanyak 70 orang terdiri dari khafilah tuan rumah (Desa Mubur) 19 orang, khafilah Desa Bayat 25 orang dan khafilah Desa Pisan sebanyak 26 orang.

MTQ ke I tingkat kecamatan Siantan Utara tahun 2020 dibuka dan diresmikan langsung oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris dengan ditandai pemukulan beduk.

Dalam sambutannya Abdul Haris menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Camat, Kades-kades serta masyarakat se kecamatan Siantan Utara.

”Saya sangat mengapresiasi panitia baik dari Kecamatan, Kepala Desa, dan juga Masyarakat Siantan Utara yang telah bekerja keras mempersiapkan acara MTQ ini,” sebut Abdul Haris.

Lebih lanjut Abdul Haris mengatakan,
Walaupun kecamatan Siantan Utara masih baru, namun kegiatan yang dilaksanakan sudah sangat bagus dibanding dengan kecamatan lainnya.

Abdul Haris juga mengatakan, bahwa tujuan MTQ itu sendiri untuk mencari bibit-bibit yang dapat diikut sertakan ketingkat yang lebih tinggi yaitu Kabupaten maupun Provinsi kalau perlu sampai ketingkat Nasional.

“Walau masih baru namun kecamatan Siantan utara sudah sangat bagus melaksanakan kegiatan MTQ pertama ini, pesan saya jangan hanya pembukaannya saja yang ramai dikujungi namun saat peserta bertanding hendaklah masyarakat datang dan antusias menontonnya.
Saya berharap, agar MTQ ini menjadi jalan untuk dicarikan Khalifah/Peserta yang terbaik untuk bertanding di jenjang yang lebih tinggi,” tandasnya. ( Nrd )

Exit mobile version