Home / Riau / Antisipasi Penularan Virus Corona, Ini Pesan Dinkes Rohil

Antisipasi Penularan Virus Corona, Ini Pesan Dinkes Rohil

Sekretaris Dinas Kesehatan Rokan Hilir Ahmad Yusuf

Rohil, SB – Virus corona sudah masuk ke Indonesia. Virus corona tersebut teridentifikasi dari dua orang penumpang dari Malaysia terkena virus corona dan sekarang sedang dalam pemeriksaan karantina.

Begitu isi broadcas yang beredar di grup Whatsapp wartawan terkait endemi virus corona. Juga di himbau agar masyarakat yang hari ini ada kepelabuhan dimohonkan untuk menggunakan masker penutup mulut guna mengantisipasi penyebaran virus corona.

Terkait hal tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir Dahniar M.Kes M.Kes yang disampaikan oleh sekretarisnya Ahmad Yusuf mengatakan Dinas Kesehatan akan selalu melakukan croschek dan memantau ke semua unit pelayanan.

“Dinas Kesehatan akan selalu melakukan kroshcek dan memantau ke semua unit pelayanan dan nanti hasinya tetap akan kita sampaikan,” kata Ahmad Yusuf, saat di konfirmasi, Minggu 26 Januari 2020 malam.

Dia mengatakan, pihak Dinas Kesehatan (Diskes) sudah bersurat ke seluruh UPTD Puskesmas untuk selalu melakukan upaya untuk mensosialisasi serta memberikan edukasi kepada masyarakat terkait virus corona.

Seluruh Puskesmas di Kabupaten Rokan Hilir juga diminta untuk segera berkordinasi serta melaporkan kepada Dinas Kesehatan (Diskes) Rokan Hilir jika ada hal-hal yang mencurigakan atau ada indikasi kearah itu agar segera di sikapi secara bersama.

“Besok kita lakukan evaluasi dan akan kami sampaikan hasilnya,” kata Ahmad Yusuf, menjelaskan.

Sebagai langkah antisipasi pihaknya juga menganjurkan agar masyarakat selalu mencuci tangan dengan sabun. “Hindari kontak langsung dengan penderita batuk pilek dan bagi yang sedang mengalami batuk-batuk serta pilek selalu menggunakan masker,” ujarnya.

Untuk diketahui, endemi virus corana telah menyebar ke seluruh daratan China. Virus dengan nama resmi 2019-nCov itu juga sudah menyebar ke beberapa negara.

Termasuk Korea Selatan, Amerika Serikat, Taiwan, Hong Kong, Singapura, Malaysia, Prancis, hingga Australia, dan kini sudah masuk ke Indonesia. Penyebaran endemi virus corona baru dengan nama resmi 2019-nCoV tergolong cepat.

Virus corna ini ditemukan pada akhir tahun lalu di Wuhan, Provinsi Hubei, China, saat ini lebih dari 2.000 orang di seluruh dunia sudah positif terinfeksi virus ini. Begitu menurut catatan dan data dari South China Morning Post. (man)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin