Home / Sumut / KPU Labuhanbatu ‘Sembunyikan’ Data Hibah Penyelenggaraan Pilkada 2020
Teks foto: Kantor KPU Labuhanbatu.

KPU Labuhanbatu ‘Sembunyikan’ Data Hibah Penyelenggaraan Pilkada 2020

Teks foto: Kantor KPU Labuhanbatu.

Labuhanbatu, SB – Meskipun seharusnya bukan menjadi rahasia, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Labuhanbatu- Sumatera Utara, dinilai ‘sembunyikan’ alias diduga sengaja menutup-nutupi besaran anggaran Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang telah diserahkan Pemkab Labuhanbatu kepada pihaknya.

Sebab, setelah media ini berulangkali mendatangi Kantor KPU Daerah yang beralamat di Jalan WR Supratman No.52 Kelurahan Padang Matinggi Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu, belum diperoleh keterbukaan informasi terkait jumlah besaran NPHD yang telah diterima Komisi penyelenggara Pilkada 2020 ini.

“Ketua KPU (Wahyudi S.Sos,M,M) sedang tugas luar kota di Tobasa, sudah saya hubungi mengenai permohonan informasi NPHD, tapi petunjuk beliau harus terlebih dahulu ada izin dari KPU Provinsi,” ujar Kasubag Program dan Data KPU Labuhanbatu, Syaiful Rahman Panjaitan SE, dikantornya kemarin.

Dugaan ‘menyembunyikan’ besaran dana hibah itupun seakan seperti menutup aurat, hingga tidak ada sedikit saja celah informasi yang bisa didapati terhadap penggunaan dana daerah tersebut. Hal ini dibuktikan dengan bungkamnya Ketua KPU Labuhanbatu, Wahyudi S.Sos, M,M, ketika dikonfirmasi suarabirokrasi.com, Minggu (22/12/2019), terkait besaran anggaran NPHD dimaksud, padahal, pesan Whatssapp yang dilayangkan dalam kondisi centang biru (terbaca).

Sementara, informasi lain yang dihimpun wartawan, melalui syarat Perjanjian Hibah Daerah ditetapkan tentang jumlah dan sumber pembiayaan yang berbunyi, bahwa pihak Pemerintah Daerah yakni Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe ST,MT memberikan hibah uang kepada pihak Kedua yakni Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Labuhanbatu Wahyudi S.Sos,M,M, sebesar Rp.30.903.428.501,- sesuai NPBHD yang ditandatangani pada hari Senin Tanggal 30 Sepetember 2019.

Namun, saat ini pihak KPU masih menerima anggaran sebesar Rp.382.900.000,- pada tahap pertama melalui APBD TA 2019, dan sisa penerimaan untuk tahap pertama (melengkapi 40%) akan kembali diterima sebesar Rp. 11.978.471.400,- paling lambat pada bulan Januari 2020 dan atau setelah APBD Kabupaten Labuhanbatu TA 2020 ditetapkan menjadi Peraturan Daerah.

Terakhir, data yang dapat dikumpulkan awak media, dengan dana yang telah ‘dikantongi’ tersebut, KPU masih menyelenggarakan Sosialisasi pencalonan Perseorangan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Labuhanbatu periode 2020-2024, di Ballroom Hotel Permata Land, Selasa tanggal 10 Desember 2019, selebihnya kegiatan diisi dengan ‘jalan-jalan’ berbingkai Bimtek, Konsolidasi dan mengikuti Sosialisasi di luar daerah.

( Bede | SB )

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Hari ke 5, Perwakilan Marga Kunjungi Soerya Respationo

Batam,-Memasuki hari ke lima, acara silaturahmi bersama tokoh Punguan Marga-marga Batak di Batam yang berlangsung …