Site icon Suara Birokrasi

Kota Sehat, Tanjungpinang Raih Penghargaan Swasti Saba Wiwerda

Penerimaan Penghargaan


SB – Kota Tanjungpinang,- Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd didampingi Ketua Forum Kota Sehat, Juwariyah Syahrul menerima penghargaan Swasti Saba Wiwerda di Gedung Sasana Bakti Praja Kemendagri RI, Selasa, (19/11). Turut hadir, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, Rustam, SKM, M.Si, Ketua Harian Forum Kota Sehat Kherjuli dan segenap pengurus Forum Kota Sehat Tanjungpinang.

Penghargaan ini diberikan berdasarkan proses penilaian dan monitoring yang dilaksanakan Tim dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Kota Tanjungpinang menerima penghargaan dengan Kategori Wiwerda atau masuk dalam kualifikasi Pembinaan dengan cakupan 4 tatanan Program Kabupaten dan Kota Sehat (KKS).

Menurut Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto, Program KKS bertujuan agar tercapai kondisi Kabupaten Kota bersih, aman, nyaman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya dengan cara terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain sehingga dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakatnya.

Terawan berharap agar momentum, pemberian penghargaan ini memberi manfaat dan pemahaman yang sama akan arah dan kebijakan pembangunan kesehatan di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia menuju Indonesia Sehat.

Atas penghargaan itu, Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd menyambut gembira atas kesuksesan ditandai penghargaan. Syahrul berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang telah mendukung terciptanya Kota Tanjungpinang yang bersih terutama kepada Pengurus Forum Kota Sehat, para LSM Peduli lingkungan yang belakangan ini semakin eksis menciptakan suasana kota yang bersih.

“Penghargaan ini adalah milik masyarakat Kota Tanjungpinang, namun saya ingin momen ini dapat menjadi pemicu semangat dan motivasi kita semua agar tetap menjaga dan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Semoga kedepan kita tetap mempertahan prestasi ini bahkan meningkatknya lebih baik lagi,” ujar Syahrul.

Syahrul berkomitmen untuk selalu bersinergi dengan  jajarannya dan seluruh elemen masyarakat dan konsisten menciptakan lingkungan bersih dan sehat agar mampu mewujudkan Tanjungpinang sebagai Kota yang maju, berbudaya dan sejahtera dalam harmoni kebhinekaan masyarakat madani.

Penganugerahan penghargaan itu berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/664/ 2019. Penghargaan juga diserahkan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian disaksikan Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto.

Untuk diketahui bersama, Penghargaan Swasti Saba Wiwerda merupakan Penghargaan kali kedua yang diperoleh Kota Tanjungpinang setelah pada tahun 2017 mendapatkaan Penghargaan Swasti Saba Padapa (Kualifikasi Pemantapan 2 Tatanan).

Sumber & Fhoto  : Humas

Editor  : Redaksi

Exit mobile version