Home / Sumut / Kinerja Dandim 0209/LB Di Evaluasi Pangdam I/BB, Ini Buktinya
Teks foto: Pabandya Puanter Sterdam I/BB Letkol Inf JSM Damanik, ketika menyampaikan pemaparan.

Kinerja Dandim 0209/LB Di Evaluasi Pangdam I/BB, Ini Buktinya

Teks foto: Bati Puanter Sterdam I/BB Sertu Dedi, ketika menyampaikan pemaparan.

Labuhanbatu, SB – Ternyata, seluruh kegiatan selama ini yang dilaksanakan Kodim 0209/LB dibawah komando Letkol Inf Santoso, menjadi konsentrasi penilaian oleh Panglima Kodam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah, dengan mengutus Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) yang dipimpin Pabandya Puanter Sterdam I/BB Letkol Inf JSM Damanik, dengan turun langsung ke Makodim setempat, Rabu (20/11/2019).

Dalam pengawasannya, Tim Wasev langsung melaksanakan peninjauan Lahan Demplot Padi di Persawahan yang terletak di Kelurahan Ujung Bandar Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu. Evaluasi itu didampingi Pasiter Kodim 0209/LB Kapten Inf Bahdi Siagian, yang juga di ikuti Babinsa Sertu Jurus Kudadiri, PPL Dinas Pertanian, dan Torang Panjaitan selaku Ketua Kelompok Tani Damai.

Melalui kesempatannya, Pabandya Puanter Sterdam I/BB Letkol Inf JSM Damanik, mengemukakan, bahwa kegiatan ini adalah merupakan langkah bimbingan secara tehnis agar lebih tepat tujuan dan sasaran, yakni dari segala bentuk kegiatan pembinaan teritorial baik yang di programkan dari pusat maupun kegiatan non program.

“Kemudian, dalam menciptakan ruang alat dan kondisi juang yang tangguh, serta pemberdayaan potensi wilayah untuk kepentingan negara perlu di bina dari segala aspek, maka pembinaan teritorial adalah tugas personil Kodim sebagai perpanjangan-tangan Kodam terhadap realisasi pelaksanaannya,” ujar Letkol Inf JSM Damanik.

Menjadi catatan, tambah Pabandya, seluruh konsep kegiatan yang dilaksanakan juga harus tepat guna. Serta, disamping itu dapat melahirkan peningkatan kemampuan personil dalam konteks pembinaan teritorial saat ini hingga di masa mendatang.

Lebih jauh, serangkaian konsentrasi Ketahanan Pangan (Hanpang), Pabandya Puanter berharap agar Babinsa bersama PPL dapat terus melakukan pendampingan terhadap petani, untuk mendorong peningkatan hasil panen demi meningkatkan Swasembada Pangan. Sehingga, menjadi komitmen di wilayah binaan bahwa Babinsa telah dan akan terus memberikan kontribusi positif di tengah-tengah masyarakat.

“Pendampingan harus dilakukan secara Kontiniu, yang nantinya dapat bermanfaat serta berguna bagi masyarakat. Secara umum, demi ke butuhan sistem stabilitas Pertahanan dan Keamanan Negara,” jelasnya.

Sebelumnya, di gedung Aula manunggal Makodim setempat, Pasiter Kodim 0209/LB Kapten Inf Bahdi Siagian, menyampaikan pihaknya siap menerima bimbingan dan arahan tentang pelaksanaan kegiatan, baik secara program maupun non program yang telah dilaksanakan khususnya dalam hal administrasi.

“Kami siap untuk di evaluasi demi kebaikan untuk di kemudian hari, sehingga dapat kami jadikan pelajaran yang baik. Selanjutnya, akan kami sampaikan kepada para Babinsa untuk dapat direalisasikan di wilayah binaan masing-masing,” cetus Pasiter.

Pada momentum itu pula, Pasiter menguraikan tentang pelaksanaan Program Kerja Kodim 0209/LB Bidang Teritorial TA 2019 sampai dengan Triwulan ke- IV, sudah hampir keseluruhan direalisasikan. Kendati masih ada 2 program kegiatan yang belum terlaksana, akan difokuskan pada bulan November 2019 ini sudah tuntas pengerjaannya.

( Bede | SB )

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Hari ke 5, Perwakilan Marga Kunjungi Soerya Respationo

Batam,-Memasuki hari ke lima, acara silaturahmi bersama tokoh Punguan Marga-marga Batak di Batam yang berlangsung …