Home / Sumut / Bupati Labuhanbatu Instruksikan Cegah Penyebaran Virus Hog Cholera

Bupati Labuhanbatu Instruksikan Cegah Penyebaran Virus Hog Cholera

Teks foto: Sekretaris Dinas Kesehatan Labuhanbatu, Yusrizal Siregar SKM,MM.

Labuhanbatu, SB – Virus Hog Cholera atau Porcine Reproductive and Respiratory Syndrome (PRRS) telah menyerang ke beberapa daerah di Sumatera Utara. Hal inipun, menjadi konsentrasi serius bagi Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu.

“Meneruskan instruksi Bapak Bupati H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST,MT, melalui Ibu Kadis Kesehatan, menghimbau kepada seluruh Kepala Puskesmas agar mewaspadai dan memantau wilayah kerjanya dari ancaman Virus Hog Cholera yang menyerang ternak Babi,” ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Labuhanbatu Yusrizal Siregar SKM,MM, Selasa (12/11/2019).

Kata dia, selain monitoring, pihaknya juga akan melakukan deteksi dini terhadap ancaman yang sedang viral di media sosial yang telah meresahkan masyarakat tersebut.

“Kita juga meminta kepada Kapus sejajaran untuk segera berkoordinasi apabila ada kejadian yang mencurigakan. Dan mari kita berdoa kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, agar Kabupaten Labuhanbatu dihindarkan dari wabah dan bencana, Aamiiin,” sebut Yusrizal.

Terpisah, Kepala Dinas Peternakan Labuhanbatu, Biner Sitorus, mengemukakan bahwa serangan virus tersebut belum masuk ke wilayahnya. Namun, pihaknya akan langsung melakukan langkah- langkah pencegahan guna mengatisipasi penyakit pada ternak babi tersebut.

“Saat ini belum ada kita temukan di Labuhanbatu, dan kita akan menurunkan tim terpadu (PPL) sebagai tahap antisipasi dengan melakukan vaksinasi dan pemetaan terhadap hewan babi yang ada,” bilangnya.

( Bede | SB )

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin