Home / Riau / Afrizal Sintong Sampaikan Visi Misi Calon Bupati Pilkada Rohil. Begini Isinya 
Kiri, Afrizal Sintong Bacalon Bupati Rohil Pilkada 2020, Saiman AMP Bacalon Wakil Bupati Partai Nasdem.

Afrizal Sintong Sampaikan Visi Misi Calon Bupati Pilkada Rohil. Begini Isinya 

Kiri, Afrizal Sintong Bacalon Bupati Rohil Pilkada 2020, Saiman AMP Bacalon Wakil Bupati Partai Nasdem.

Rohil, SB – Mantan anggota DPRD Rohil Apfrizal Sintong menyampaikan visi dan misi maju menjadi Bakal Calon Bupati Rokan Hilir Pilkada 2020 dari DPD Partai Nasdem Rokan Hilir berlangsung di Gedung Serbaguna H Misran Rais, Jalan SGB, Bagansiapiapi, Kamis 31 Oktober 2019 siang.

Visinya pelayanan publik harus berdasarkan paradigma memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Peningkatan kualitas pelayanan publik tidak bisa dilakukan secara terpisah dari berbagai pihak.

Harus ada perpaduan dari berbagai bagian yang menjadi pilar dari pelayanan publik itu sendiri, termasuk dari pimpinan dan pelaksananya. Kualitas publik tidak bisa ditingkatkan hanya dengan inisiatif dari pimpinan atau pelaksana semata, melainkan harus digabungkan dengan kebutuhan masyarakat.

Selain optimalisasi pelayanan publik, juga disampaikan mengenai pendapatan asli daerah (PAD) dengan memperkuat sumber pendapatan. Sebab, menurut dia, Kabupaten Rokan Hilir merupakan merupakan salah satu kabupaten terkaya di Provinsi Riau, yang kaya akan sumber daya alam seperti minyak bumi dan gas (migas).

Selain sektor migas, kekayaan alam lain yang dimiliki bumi Rokan Hilir adalah potensi perkebunan kelapa sawit dan karet. Sedangkan kekayaan hasil pertanian yang harus dikelola dengan baik yakni sektor pertanian seperti padi merupakan sumber pangan dan sektor perikanan baik laut maupun budidaya dan sektor pariwisata.

Namun kata Afrizal, kekayaan alam dari berbagai sektor tidak berdampak positif terhadap tingkat kemiskinan di Kabupaten Rokan Hilir. Berdasarkan data yang diperoleh dari tim Nasional percepatan penanggulangan kemiskinan RI pada tahun 2010, tingkat kemiskinan di Kabupaten Rokan Hilir masih menduduki angka 9,30 persen atau sekitar 51 ribu lebih penduduk miskin.

“Kondisi ini semakin diperparah dengan jatuhnya harga karet dan anjloknya harga minyak dunia dan minyak sawit sehingga diperlukan langkah yang cepat dan tepat dari kebijakan Pemkab Rohil dalam hal pengelolaan kekayaan alam yang melimpah,” katanya.

Salah satu yang menjadi agenda besar dari mantan anggota DPRD periode 2014-2019 ini adalah akan diambil alihnya Blok Rokan oleh Pertamina dari PT Chevron pada 202.

“Maka diperlukan kebijakan agar anak anak Rokan Hilir dapat bekerja  dan bergabung dengan Pertamina dalam hal mengelola Blok Rokan di Rohil. Pada kenyataannya sangat menyedihkan, anak daerah yang bekerja di PT Chevron hanya dapat di dengan jari,” gumamnya.

Untuk itu menurutnya perlu dibuat jalur khusus penerimaan anak anak asli Rokan Hilir agar dapat bekerja di Pertamina sehingga asli anak daerah tidak hanya menjadi penonton di rumahnya sendiri. Sementara tenaga dari luar menikmati gaji besar dan fasilitas mewah di Pertamina.

Demikian dengan perusaan perusahaan sub kontraktor yang selama ini bekerja dengan chevron masih di dominasi oleh orang orang dari luar daerah. “Kita perlu merumuskan kebijakan yang lebih tegas agar anak anak daerah dapat bekerja di perusahan perusahaan tersebut sesuai dengan porsinya,” terangnya.

Lebih jauh Afrizal menyampaikan, menurut data yang didapat dari Provinsi Riau, pada tahun 2018 perkebunan sawit di Kabupaten Rokan Hilir seluas 281,474 hektar. Hal ini menurutnya merupakan potensi yang sangat luar biasa.

“Namun kita lihat sehari hari minyak mentah CPO yang dihasilkan dari perkebunan kita diangkut truck tangki ke Dumai dan daerah lainnya untuk diolah. Padahal kalau kita kelolah sendiri dapat menambah income serta dapat membuka lapangan pekerjaan,” imbuh dia.

Sedangkan untuk membangun sumber daya manusia (SDM) perlu diberikan perhatian serius melalui bidang pendidikan dan kesehatan sehingga tidak ada lagi alasan tidak  punya dana untuk melanjutkan sekolah.

“Jangan ada lagi anak daerah yang tidak bisa berobat hanya karena tidak punya uang,” katanya.

Untuk mengatasi persoalan tersebut menurutnya diperlukan pemetaan mulai dari tingkat kepenghuluan sehingga diperoleh data dan kondisi yang ril, tidak hanya data yang bersifat administratif laporan, tetapi benar benar realistis.

Sedangkan terkait pembangunan insfratruktur jalan masih banyak jalan jalan yang rusak di beberapa kecamatan, sehingga ini diperlukan penanganan serius, pembangunan harus merata di semua daerah, tidak hanya berpusat di satu daerah.

Pembangunan juga harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dan berkualitas sehingga masyarakat benar benar dapat merasakan dan menikmati pembangunan. Pemimpin harus memiliki komitmen yang kuat untuk memajukan daerah.

Dengan potensi kekayaan daerah yang dimiliki, maka menurutnya sudah seharusnya PAD Rokan Hilir semakin meningkat dimanfaatkan sebesar besarnya untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Rokan Hilir.

Dalam kesempatan itu, Afrizal Sintong yang didampingi istri tercintanya dan para pendukung setianya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pengurus dan ketua tim penjaringan DPD Partai Nasdem yang telah menggelar penyampaian visi misi dari Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Rohil Pilkada 2020.

Afrizal mengatakan akan mengikuti seluruh tahapan dan mekanisme yang berlaku dan yang telah ditetapkan oleh Partai Nasdem, mulai dari tingkat DPD, DPW maupun DPP. “Apapun mekanismenya akan kita ikuti,” kata Afrizal yang akrab disapa Epi Sintong tersebut. (man)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Polsek Panipahan Bersama Syahbandar Kompak Sosialisasikan Protkes

Rohil, SB – Menjelang new normal, Polsek Panipahan bersama Syahbandar kompak menggelar penegakan disiplin antisipasi …