Home / Sumut / TNI- KKBPK Kes, Babinsa Koramil 08/RP Curi Perhatian Masyarakat
Teks foto: Babinsa Koramil 08/RP Pelda Suwanto, ketika menggendong seorang warga yang pingsan.

TNI- KKBPK Kes, Babinsa Koramil 08/RP Curi Perhatian Masyarakat

Teks foto: Babinsa Koramil 08/RP Pelda Suwanto, ketika menggendong seorang warga yang pingsan.

Labuhanbatu, SB – Berawal dari sebanyak puluhan akseptor KB yang meliputi warga Desa Kampung Baru Kecamatan Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu- Sumatera Utara, lakukan pemasangan Implan/Susuk di Puskesmas desa setempat, Rabu (23/10/2019).

Kegiatan ini, merupakan realisasi program Tentara Nasional Indonesia- Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (TNI- KKBPK Kes) tahun 2019, yang bertujuan untuk menyasar terhadap pengendalian laju pertumbuhan penduduk.

“Hari ini kita gelar di dua Desa, untuk Desa Kampung Baru sudah ada 15 akseptor yang terdaftar, dan untuk di Desa Janji belum diketahui jumlah keseluruhannya. Kegiatan serupa juga akan dilaksanakan kembali pada Jum’at (25/10/2019) mendatang, di komplek Puskesmas Kecamatan,” ujar Kepala Urusan KB Puskesmas Desa Janji, Eko Suryani.

Kata dia, adapun fasilitas tanpa dipungut biaya yang disiapkan untuk masyarakat, berupa pemasangan implan/susuk, IUD/Spiral, Suntik KB, Kondom, MOP, dan sunat massal serta pengobatan gratis lainnya.

“Kalau untuk peserta sunat massal, ada 14 anak. Program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat di desa ini,” tambah Mulyadi, Kaur Pemerintahan Desa Kampung Baru.

Tidak ada yang keliru dalam praktik pemasangan implannya. Namun, ditemukan salah seorang warga yang tidak kuat menahan phobia terhadap darah, sehingga terjatuh pingsan usai pemasangan alat kontrasepsi dimaksud.

Mendapati kondisi itu pula, Babinsa Koramil 08/ Rantauprapat Kodim 0209/LB Pelda Suwanto, ditengah keramaian para ibu, dengan reaksi cepat langsung mengejar dan menggendong perempuan paruh baya tersebut, yang sejak semula terlihat berjalan sempoyongan nyaris tercebur kedalam parit, dan serta merta membawanya kembali masuk kedalam lokasi, untuk dilakukan pertolongan pemulihan fisik.

“Saya gak tahan lihat darah bang, lemas kalau sudah begini. Terimakasih kepada pak Babinsa yang sudah menolong saya tadi saat pingsan,” aku Sudarwati.

Amatan suarabirokrasi.com di lokasi, konsentrasi pelaksanaan program TNI- KKBPK Kes inipun, seketika diwarnai aura kemanunggalan TNI-Rakyat. Bahkan, banyak warga yang menyindir positif atas aksi babinsa yang barusan terjadi.

“Gak heran lihat pak Babinsa ini, tugasnya selalu menjaga masyarakat. Saya lihat loreng bajunya aja ada disini sudah terasa nyaman,” celetuk petugas medis dan disambut senyum puluhan kaum emak, yang menyimpulkan rasa simpati.

( Bede | SB )

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Wakil Ketua I DPRD Kepri Hadiri Acara Penghargaan WBBM

Kepulauan Riau,- Wakil Ketua I DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Dra. Hj. Dewi Kumalasari, M.Pd menghadiri …