Home / Sumut / Sudah Ditangkap, 2 Curanmor di RSUD Rantauprapat Ternyata ‘Pemain Lama’

Sudah Ditangkap, 2 Curanmor di RSUD Rantauprapat Ternyata ‘Pemain Lama’

Teks foto: Kasat Reskrim Polres Labuhanbatu AKP Jama Kita Purba SH,MH (tengah), mengapit kedua tersangka dan barang bukti bersama sejumlah personilnya.

Labuhanbatu, SB – Setelah seminggu melarikan diri usai melakukan kejahatan Pencurian Sepeda Motor (Curanmor) di Lingkungan RSUD Rantauprapat, 2 pelaku berhasil ditangkap pihak Satreskrim Polres Labuhanbatu, di dua lokasi berbeda, Kamis (26/9/2019), sekira pukul 11.00 WIB.

Kedua pelaku masing- masing berinisial AH alias Lomo (23), warga Kelurahan Sioldengan Kecamatan Rantau Selatan, dan RSH alias Fitra (28), warga Jalan Aek Matio Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu- Sumatera Utara. Juga di amankan sejumlah barang bukti berupa 2 unit sepeda motor berlainan jenis, yakni 1 unit Yamaha Vixion warna hitam bernomor Polisi BM 2252 PX, serta 1 unit Honda Supra X warna hitam tanpa plat.

“Ya, kedua tersangka dan barang buktinya sudah kita amankan. Saat ini sedang dalam proses tindaklanjut,” demikian dibenarkan Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat SIK,MH, melalui Kasat Reskrim AKP Jamakita Purba SH,MH, Jum’at (27/9/2019).

Dari informasi yang berhasil dihimpun, terungkap bahwa kedua tersangka merupakan resedivis atas kejahatan Pencurian dengan Pemberatan (Curat), serta aksi Pencurian dengan Kekerasan (Curas) berupa Begal.

“Keduanya ditangkap sesuai laporan korban bernama Adi Pangestu dengan Laporan Polisi bernomor : LP/ 514/IX/2019/SPKT/RES-LBH, tanggal 21 September 2019,” tambah Kasat.

Adapun kronologis kejadian, tepatnya pada hari Jum’at tanggal 20 September 2019 sekira pukul 20.00 WIB, korban pelapor berangkat dari kediamannya mengendarai sepeda motor jenis Yamaha Vixion BM 2252 PX, hendak menuju ke RSUD Rantauprapat tempat ia bekerja sebagai Satuan Pengamanan (Satpam).

Setibanya di lokasi, korban memarkirkan kendaraannya yang berposisi persis di depan Ruang IGD lama, dan diapun masuk kedalam rumah sakit tersebut sambil melakukan aktifitas bekerja seperti biasa.

Sempat tertidur, namun keesokannya pada Sabtu (21/9/2019) sekira pukul 05.30 WIB ketika terbangun dan melakukan patroli, korban sontak dikejutkan bahwa 1 unit sepeda motor miliknya sudah tidak lagi berada di lokasi parkir semula, serta merta dianya melakukan pelaporan ke Mapolres setempat.

Untuk pengungkapannyapun terbilang cukup singkat, dengan tempo 5 hari waktu penyelidikan, Tim II Unit Resum Polres Labuhanbatu dibawah pimpinan Ipda Gunawan Sinurat SH, berhasil menangkap tersangka ‘AH’ di depan Hotel Grand Royal Rantauprapat Kelurahan Kartini Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu, Kamis (26/9/2019) sekira pukul 11.00 WIB.

“Setelah di interogasi, tersangka membenarkan bahwa dia yang telah mencuri sepeda motor di RSUD bersama seorang temannya berinsial RSH. Dia juga mengakui barang buktinya disembunyikan di Desa Simangambat Jae Kecamatan Simangambat Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta),” urai AKP Jama Kita Purba.

Tidak hanya sampai disitu, Tim kembali melakukan pengembangan dan berhasil mengamankan 1 unit sepeda motor Honda Supra tanpa plat yang di titipkan di Bengkel Jalan Siringo-ringo Rantauprapat. Ternyata, sepeda motor ini adalah hasil barter dengan barang bukti milik korban yang telah di serahkan kepada orang lain (saksi) bernama Topik Hidayat Siregar ke Kabupaten Paluta tersebut.

Menindaklanjuti perjalanan perkara kriminal itupun, Tim melakukan pengejaran ke Paluta dan berhasil menyita barang bukti dimaksud. Setibanya kembali di Mapolres, tim meneruskan pencarian dan berhasil mengamankan tersangka RSH di Jalan Talsim Kelurahan Sirandorung Kecamatan Rantau Utara Kabupaten setempat.

“Disaat pengembangan, tersangka AH mencoba melarikan diri dan nekat melawan petugas. Untuk melumpuhkannya terpaksa kita berikan tindakan tegas terukur di bahagian kakinya,” tutup Kasat.

( Bede | SB )

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin