Home / Riau / Dirgahayu RI ke- 74, Pemkab Rohil Gelar Lomba Panjat Pinang

Dirgahayu RI ke- 74, Pemkab Rohil Gelar Lomba Panjat Pinang

Rohil, SB – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) menggelar berbagai jenis perlombaan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-74 tahun 2019 di Lapangan KONI, Jalan Utama, Bagansiapiapi, Kamis 29 Agustus 2019.

Perlombaan yang dipertandingkan pada HUT RI ke 74 di lingkungan OPD Pemkab Rohil tersebut diantaranya adalah lomba lari marathon jarak 10 kilometer, lomba panjat pinang, lomba tarik tambang,  lomba bakiak, lomba karung serta lomba tepung berantai.

Kegiatan itu dirangkai dengan menggelar gerakan masyarakat sehat (germas) serta menggelar pengobatan secara gratis dan donor darah yang diiniasi oleh dinas kesehatan dan palang merah Indonesia (PMI) Kabupaten Rokan Hilir.

“Semua itu dikemas dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 74,” kata Bupati Rohil H Suyatno, didampingi Wakil Bupati Rohil Drs Jamiluddin, Sekda Rohil Surya Arfan, serta para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemkab Rohil lainnya.

Stan dari 18 Kecamatan yang ada ikut memeriahkan HUT RI yang digelar, dengan menampilkan produk unggulan dari masing-masing kecamatan, seperti Kecamatan Balai Jaya menampilkan produk berupa kain batik serta makanan ringan lainnya.

Sedangkan Stan Kecamatan Pujud lebih menonjolkan khas kuliner, sehingga menarik perhatian orang nomor 1 di Rohil itu, kemudian duduk makan bersama Wabup Rohil Jamiluddin, Sekda Rohil Surya Arfan serta kepala beberapa Kepala OPD lainnya, dan lanjut bersua fhoto. Kedepan kata H Suyatno kegiatan seperti ini akan lebih di tingkatkan lagi.

“Seperti tadi yang kita lihat ada beberapa batang pinang yang kita pasang tadi banyak sekali ya, pesertanya tidak hanya komunitas melayu, tapi kegiatan itu juga diramaikan oleh etnis lainnya seperti Tionghoa, ikut berlomba-lomba untuk meramaikan HUT RI ke 74, khususnya lomba batang pinang tadi,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Bupati H Suyatno turut mengucapkan terimakasih kepada pihak panitia penyelenggara yang telah bekerja secara maksimal, tanpa ada kerja keras dari panitia, sebutnya, kegiatan ini tidak mungkin berhasil.

Apresiasi dan terimakasih juga diberikan kepada dinas kesehatan, serta dinas lingkungan hidup yang sudah membangun sebuah kawasan di lingkungan sekolah sehingga dapat meraih juara tingkat Provinsi Riau, diharapkan dapat meraih kejuaraan tingkat nasional.

“Mudah mudahan kerja keras kita untuk memajukan Kabupaten Rokan Hilir bisa terlaksana dengan baik,” kata H Suyatno.

Kendati demikian kata Bupati H Suyatno kesemuanya itu dapat dicapai dengan adanya koordinasi dan kerjasama yang baik, serta saling mengisi antara satu dengan yang lainnya.

Pemkab Rohil juga akan memberikan perhatian khusus kepada sekolah-sekolah yang meraih Adiwiyata baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun tingkat nasional, dengan menggandeng setiap perusahaan yang ada, serta dinas pendidikan dalam rangka melakukan pembinaan kearah yang lebih baik lagi.

Suyatno juga memuji Kecamatan Balai Jaya yang baru dimekarkan selalu meraih prestasi sejak empat tahun dimekarkan sudah mendapatkan 11 penghargaan tingkat nasional melalui program kampung iklim (ProKlim), kemudian Hatinya PKK dan Adiwiyata.

“Saya kasih contoh saja, kini Balai Jaya sudah bergerak terus untuk meraih tingkat nasional melalui kegiatan lainnya. Dan tidak tertutup kemungkinan untuk kecamatan-kecamatan yang lainnya. Yang baik kita jadikan contoh,” kata Bupati Suyatno, lagi. (man)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin